Sukses

Heboh Matahari Berwarna Merah Darah, Ini Kata Pakar

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu sempat terjadi fenomena matahari yang tidak biasa di wilayah Inggris. Cuaca di Inggris yang biasanya justru lebih tenang pada setiap tahunnya sempat dilanda badai. Setelah badai menghilang, muncul fenomena alam yang membuat warga sana keheranan.

Pasalnya, warna matahari berubah menjadi lebih merah dibandingkan dengan biasanya. Seperti darah. Bersamaan dengan itu, langit di wilayah Inggris juga cenderung berdebu dan bewarna kemerahan pada tengah hari. Fenomena alam ini merupakan hal yang jarang terjadi di Inggris sehingga mengundang rasa penasaran.

Langit merah di Inggris. Source: http://strangesounds.org

Untuk menjelaskan hal tersebut, sejumlah peneliti menyimpulkan hal ini sebagai Ophelia. Ophelia sendiri merupakan fenomena terjadinya badai yang membawa banyak debu sehingga mengubah fisik dari atmosfir.

Source: inews.co.uk

Mengutip Business Insider, Kamis (19/10/2017), pphelia terjadi ketika badai menarik banyak debu dari gurun Sahara. Lalu membawa jauh debu tersebut hingga ke arah utara. Debu yang berinteraksi di langit kemudian menyebar dan mengubah spektrum warna pada cahaya matahari.

Selain membuat kemerahan pada sinar matahari dan langit, fenomena ophelia juga memberikan kehangatan di wilayah Inggris yang biasanya cenderung dingin.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: