Sukses

Terungkap, Bahaya Nonton Film Pakai Subtitle

Para hacker ternyata menjadikan subtitle sebagai salah satu sarana hacking mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kebanyakan orang yang suka menonton film, subtitle menjadi hal wajib yang harus diunduh bersama dengan film yang ingin ditonton. Memang sepintas, tidak ada yang salah dengan download subtitle dari berbagai situs-situs penyedia subtitle film. Namun, kini kalian harus mulai berhati-hati dalam mengunduh subtitle.

Baru-baru ini, para hacker telah menjadikan subtitle sebagai salah satu sarana hacking mereka. Tidak peduli apa pun pemutar video yang kalian gunakan atau format subtitle tersebut, para hacker bisa menggunakannya sebagai jalur hacking.

Proses hacking melalui subtitle ini pun cukup sederhana. Pada awalnya, para peretas cukup membuat file subtitle dari film populer kemudian menyisipkan malware atau ransomware ke file subtitle tersebut. Setelah itu, para peretas cukup mengunggah file subtitle yang sudah disisipkan malware ke repositori file di mana banyak pengguna berkeliaran mencari subtitle film.

Para peretas juga akan memanipulasi sistem ranking terhadap subtitle tersebut, agar nantinya subtitle tampak meyakinkan bagi para pengguna untuk mengunduhnya. Setelah para pengguna mengunduhnya maka peretas tinggal menjalankan aksi mereka untuk mengutak-atik komputer kalian ketika sedang menonton film dengan memanfaatkan kode html dan java yang terdapat di dalam file subtitle tersebut ketika diputar untuk mengeksekusi perintah tertentu.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.