Sukses

Pemilu AS, Astronot pun 'Coblos' dari Luar Angkasa

Liputan6.com, Jakarta Astronot Amerika Serikat tak mau ketinggalan ambil bagian dalam pemilu presiden Amerika Serikat (AS). Berjarak ribuan kilometer dari Bumi, astronot Amerika Serikat, Shane Kimbrough telah memberikan suara untuk memilih calon presiden Hillary Clinton dari Partai Demokrat atau Donald Trump dari Partai Republik.

Melalui akun NASA di media sosial, Tumblr, diungkapkan bahwa Kimbrough diizinkan untuk memilih berkat UU Pemilu tahun 1997 yang disahkan oleh negara bagian Texas, Amerika Serikat. Undang- undang ini secara khusus mengatur prosedur voting teknis untuk astronot.

Tidak seperti pemilih di Bumi, proses pemungutan suara telah dimulai setahun sebelum peluncuran, memberikan astronot hak untuk memilih pemilu mereka ingin ikuti dalam misi penerbangan di ruang angkasa.

David Wolf astronot pertama Amerika Serikat yang Memilih dari Luar Angkasa. Foto : Tumblr/NASA

Tradisi pemilu oleh astronot ini telah dimulai sejak 19 tahun lalu. Adalah David Wolf yang pada tahun 1997 memilih dari ruang angkasa. Saat itu ia tinggal di Stasiun Antariksa Rusia, Mir. Simak kelanjutan artikel dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Canggih, Ilmuwan Teliti Bayam Menjadi Alat Pendeteksi Bom. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.