Sukses

Kelak, Urine Bisa Jadi Bahan Bakar Mobil

Tim peneliti dari University of the West of England di Bristol sedang mengembangkan metode mengubah air kencing menjadi penggerak mobil.

Liputan6.com, Bristol - Mengencingi mobil, mungkin sekarang terdengar menjijikkan namun bisa jadi kelak keharusan. Tim peneliti dari University of the West of England di Bristol, Inggris sedang meneliti air kencing atau urine untuk dijadikan bahan bakar.

Dilansir dari BBC, Selasa (2/8/2016), ada alasan kuat untuk memanfaatkan urine sebagai bahan bakar. Mereka mendasarkan fakta, bahwa urine adalah bahan kimia dalam larutan. Jadi jika bahan kimia ini bisa dengan tepat dimanfaatkan, itu bisa menjadi bahan bakar seperti solar atau bensin. Tak langsung digunakan tentunya, melainkan melalui berbagai proses dan dengan bantuan mikroorganisme.

“Mikroorganisme sangat efisien, lebih dari 96%, dalam mengubah bahan organik menjadi energi, tetapi MFC yang punya kinerja paling baik hanya mampu mengubah 60% saja,” ujar Profesor Ioannis Ieropoulos, Kepala Peneliti dan Direktur Pusat BioEnergi Bristol seperti dikutip dari laman BBC.

Agar dapat melakukan percobaan, mereka membutuhkan urine dalam jumlah banyak. Khusus untuk subyek ini, tim peneliti membangun toilet khusus di kampus University of the West of England. Tak cukup, mereka juga membuatnya juga di Festival Musik Glastonbury.

Simak kelanjutan artikel penelitian urine sebagai bahan bakar dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.