Sukses

Jangan Sepelekan Sembelit, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Sembelit adalah ganguan usus yang mengakibatkan susah buang air besar. Yuk simak cara mengatasi sembelit.

Citizen6, Jakarta Sembelit, yang dalam istilah medis disebut konsitipasi merupakan ganguan yang sering dialami sebagian besar orang. Bahkan, sebagian penderita menganggap sembelit adalah gangguan yang rutin dialami dan merupakan hal yang sudah biasa. Di sisi lain, sembelit merupakan suatu keadaan yang tidak normal yang akan menghambat aktivitas sehari-hari. Sembelit umumnya terjadi pada wanita, yang terjadi karena aktivitas diet rendah lemak yang berlebihan. Faktor stress dan hormonal turut mempengaruhinya. Konsumsi obat-obatan tertentu tanpa disadari ikut menimbulkan depresi usus dan sembelit.

Secara umum, sembelit adalah gejala buang air besar yang tidak memuaskan dan ditandai dengan buang air besar kurang dari tiga kali dalam satu minggu atau kesulitan dalam mengeluarkan feses (kotoran manusia) akibat feses yang mengeras. Sembelit kronik yang terjadi menahun memiliki dua atau lebih dari enam gejala berikut ini dalam waktu sekurang-kurangnya 12 minggu, yaitu : mengejan, feses yang keras, perasaan tertahan-tahan saat buang air besar, perasaan tidak nyaman akibat hambatan pada dubur, evakuasi feses secara manual, dan buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Simak ulasan tentang gejala-gejala sembelit dan cara mengatasinya disini.

(mh)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 disini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan

    Sembelit

  • Hidup Sehat

Video Terkini