Sukses

Bantu Pikul Dagangan Pria Tua, Polisi Ini Tuai Pujian Netizen

Chengguan merupakan pejabat pemerintah, semacam persilangan antara sipir lalu lintas, pelayan dan polisi.

Citizen6, China Kebaikan memang bisa datang dari bermacam-macam orang, tipe orang maupun berbagai pekerjaan. Kali ini, seorang chengguan yang biasanya tak memiliki reputasi baik di China menjadi perbincangan para pengguna jejaring sosial.

Dilansir CCTV News pada Selasa (15/12/2015), chengguan merupakan pejabat pemerintah, semacam persilangan antara sipir lalu lintas, pelayan dan polisi. Biasanya mereka terlibat dalam mengelola acara-acara publik, namun sering memiliki reputasi buruk di China.

Foto yang diposting seorang pengguna jalan tersebut sontak menjadi viral di internet. Nampak dalam foto tersebut terlihat chengguan tengah membantu seorang pedagang sayur lansia yang tengah melintas di kawasan provinsi Sichuan, China.

CCTVNews/Facebook

Banyak dari netizen yang mengelu-elukan dan memuji petugas chengguan tersebut. Bahkan mereka mencari secara detail identitas pria baik yang diidentifikasi sebagai petugas manajemen chengguan bernama Zeng Chuanjun.

"Saya berpatroli sekitar pukul 10.30 pada Sabtu lalu dan saya melihat orang tua tengah berjuang untuk membawa beban penuh sayuran. Saya hanya membantu untuk sementara waktu," ucap Zeng.

Tak disangka, ternyata Zeng sudah mengenal dan sering menolong pria tua tersebut. "Ini bukan pertama kalinya saya telah membantu dia, dan kami sudah saling mengenal. Bahkan ini tidak istimewa bagi saya," tambahnya.

(ul/war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.