Sukses

Kelak, Baterai Ponsel Bisa Dicas dengan Urin

Saat ini tengah dikembangkan alat yang akan membuat baterai ponsel bisa dicas dengan urin

Citizen6, Jakarta Teknologi baru ini mungkin bisa dibilang aneh dan yang pertama ditemukan. Sebuah teknologi wearable aneh baru yang dapat mengubah urin menjadi listrik dengan cara mengalirkannya melalui kaus kaki Anda. Apa bisa?

Urin memang telah lama menjadi pusat perhatian para ilmuwan. Bayangkan saja, berkat urin, nyawa seseorang yang terdampar di antah barantah berhasil terselamatkan karena ia bertahan dengan meminum urinnya sendiri. Pakar teknologi berpikir, bagaimana jika urin digunakan untuk membuat sebuah ponsel tetap dapat bekerja. Mungkin ini terdengar mustahil.

Namun, saat ini tim peneliti di University of the West of England di Bristol telah datang dengan teknologi aneh yang dapat mengubah urin menjadi listrik dengan bantuan sel bahan bakar mikroba dan gerakan kita saat 'berjalan'.

Alat ini bekerja dengan cara mengalirkan urin melalui serangkaian tabung dalam kaus kaki seseorang sementara sel bahan bakar mikroba mengubahnya dan menghasilkan listrik.

Versi sebelumnya dari teknologi ini memerlukan pompa untuk dapat mempertahankan aliran, oleh karena itu dibangunlah untuk alas kaki, sebagai tindakan sederhana yaitu berjalan keliling sudah cukup untuk menjaga seluruhnya agar dapat kerja.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.