Sukses

Teater AbNon Jakarta Angkat Silat Betawi ke Pentas

Sandiwara Betawi bertajuk 'Jawara' Langgam Hati dari Marunda ini mengangkat kisah silat Betawi

Citizen6, Jakarta Teater Abang None (Abnon) Jakarta adalah salah satu upaya dari generasi muda untuk tetap mengedepankan kebudayaan Betawi agar tak tergerus zaman. Beranggotakan Abnon Jakarta, Teater Abnon selalu memberikan pertunjukan yang kental akan budaya Betawi. Kali ini, Teater Abnon akan menggelar sebuah sandiwara Betawi bertajuk 'Jawara' Langgam Hati dari Marunda.

Bekerja sama dengan Djarum Apresiasi Budaya, pertunjukan yang akan diadakan pada tanggal 24 hingga 25 Oktober 2015 di Gedung Kesenian Jakarta ini mengangkat ilmu bela diri silat Betawi. Dalam lakon ini, para pemeran yang terlibat telah dibekali ilmu silat langsung dari salah seorang pewaris asli kebudayaan Betawi yakni Atien Kisam. Tak hanya itu, mereka juga akan berkolaborasi dengan tiga perguruan besar silat Betawi yaitu Sabeni Tenabang, Harimau Belut Putih, dan Pusaka Jakarta.

- 

"Pertunjukan ini telah kami persiapkan selama sembilan bulan. Selain ada kebudayaan khas Betawi seperti silat, musik, dan tarian, juga ada kesenian Betawi lain seperti Topeng Jantuk," tutur Pembina Teater Abnon Jakarta Maudy Koesnaedi di Jakarta, Minggu (18/10/2015).

Menurut Maudy, pertunjukan 'Jawara' Langgam Hati dari Marunda ini akan mengisahkan perjalanan Asni yang dituduh merampok rumah Babah Yong. Asni lalu melakukan perjalanan untuk mencari siapa perampok sebenarnya. Perjalanan Asni berlanjut hingga tiba di Marunda. Di sana, ternyata sedang diadakan sayembara.

- 

Sayembara yang dibuat oleh Bang Badong tersebut diadakan untuk mencari jodoh bagi Mirah, anak Bang Badong yang cantik dan jago silat. Siapa sangka, ternyata rampok yang dicari Asni juga mengikuti sayembara tersebut.

"Meski ini proyek non-profit, para Abang None tetap antusias saat latihan. Ini bukti generasi muda masih memiliki semangat melestarikan budaya kita," tutup Maudy. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini