Sukses

Tiga Peristiwa Alam Ini Pernah Menggegerkan Arab Saudi

Tahun 2013 lalu sempat terjadi banjir yang cukup parah di Kota Tabuk, Arab Saudi.

Citizen6, Arab Saudi Beberapa hari lalu masyarakat dunia mendapatkan kabar duka dari tanah suci Mekkah. Crane yang digunakan dalam perluasan Masjidil Haram tiba-tiba rubuh dan menghantam lantai tiga Masjidil Haram akibat badai pasir. Sekitar 41 orang Indonesia juga turut menjadi korban. Ini bukan pertama kalinya terjadi peristiwa alam yang mencengangkan di Arab Saudi, karena sebelumnya juga pernah terjadi beberapa peristiwa seperti berikut ini. 

Banjir di Kota Tabuk 

Tahun 2013 lalu sempat terjadi banjir yang cukup parah di Kota Tabuk, Arab Saudi. Hujan lebat selama dua hari berturut-turut menyebabkan rusaknya beberapa bangunan dan berujung banjir besar. Berita-berita di media online dan video-video amatir yang diunggah ke dunia maya menggambarkan bagiamana kepanikan masyarakat Kota Tabuk saat peristiwa itu terjadi. Banjir tersebut menyebabkan dua korban tewas, di mana salah satunya adalah bayi berusia satu tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salju di Padang Sahara

Salju di Padang Sahara

Padang Sahara selama ini dikenal sebagai padang pasir yang sangat kering dan panas. Luas padang pasir yang satu ini mencapai 9,4 km persegi. Namun, betapa mengejutkannya ketika ada peristiwa turunnya salju di padang pasir yang sangat panas tersebut. Hujan salju ini terjadi pada tahun 1979 silam. Aktivitas di Kota Sahara pun sempat terhenti karena warga terkejut dengan kejadian tersebut. Namun hujan salju yang turun selama 30 menit pun segera lenyap dalam hitungan jam.

3 dari 3 halaman

Badai Pasir

Badai Pasir

Sebagaimana negara yang dikelilingi dengan padang pasir, Arab Saudi juga sangat berisiko terkena bencana badai pasir. Badai ini juga terjadi di beberapa negara Timur Tengah lainnya seperti Libanon, Suriah, Israel, dan Siprus. Peristiwa alam ini menyebabkan langit di beberapa kota menjadi gelap gulita selama kurang lebih 40 menit. Badai pasir ini menyebabkan dua orang tewas dan ratusan orang mengalami masalah pernapasan.

Nah, itu tiga peristiwa alam yang sempat menggegerkan masyarakat yang tinggal di Arab Saudi dan beberapa negara Timur Tengah di sekitarnya. Semoga ke depannya tidak ada lagi negara-negara yang mengalami bencana mengerikan seperti itu. (ul)

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.