Sukses

Serunya Balap Sepeda Kayu Ala Suku Igorot, Filipina

Suku Igorot dari Filipina suka balapan sepeda dengan sepeda unik mereka dari kayu

Citizen6, Filipina Perkembangan zaman ternyata dapat membuat suku-suku asli berpikiran kreatif. Suku Igorot dari Filipina ini misalnya. Dengan kreativitas yang tinggi mereka membuat sepeda dari kayu yang tampak unik. Seorang fotografer berhasil mengabadikan keseruan mereka menaiki sepeda di kota Batad, Filipina. 

Dikutip dari Dailymail, Sabtu (18/07/2015), Richard Haw sedang mengendarai truk saat serombongan pria menaiki sepeda dari kayu melewatinya. Segera saja, Haw berhenti dan mengabadikan foto mereka.

dailymail.co.uk

Menurut Haw, memiliki sepeda motor adalah sebuah kebanggaan bagi orang-orang yang berasal dari suku yang hidup sederhana tersebut. Namun, karena mereka tak mempunyai cukup uang, mereka pun berusaha membuat tiruannya dengan menggunakan kayu.

Sepeda kayu tersebut dapat mencapai kecepatan 25 mil per jam saat dikendarai di jalan yang menurun. Hal itulah yang biasa mereka lakukan saat senggang, berlomba mengendarai sepeda kayu di jalanan yang menurun. Para pengendara tersebut tak butuh helm dan alat pelindung lainnya. Mereka cukup menggunakan pakaian tradisional yang disebut bahag dan jubah berwarna merah.

dailymail.co.uk

"Mereka memperlambat kecepatan dengan menginjak pedal kayu yang ditempatkan pada sepotong ban di bagian depan," ujar Haw.

Bila sepeda kayu masih belum melambat, barulah mereka menggunakan kaki sebagai rem. Tak heran telapak kaki mereka tebal dan kapalan.

Meski terbuat dari kayu, namun tiap sepeda dipahat dengan ukiran yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk naga, singa, kobo, dan lain-lain. "Saat mereka berlomba, itulah kesempatan untuk memakerkan sepeda mereka dengan pahatan khas masing-masing." (sul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini