Sukses

Pentingnya Memperingati Hari Pemadam Kebakaran 4 Mei

Citizen6, Jakarta Setiap pekerjaan tentu memiliki risikonya masing-masing. Begitu pula dengan petugas pemadam kebakaran. Setiap harinya, petugas pemadam kebakaran mendedikasikan dirinya untuk menyelamatkan nyawa atau properti dari kobaran api. Bekerja dalam industri ini tentu memerlukan pengorbanan yang besar.

Untuk itu, setiap tanggal 4 Mei didedikasikan untuk memperingati Hari Pemadam Kebakaran Internasional. Hari ini dijadikan waktu yang tepat untuk dunia mengenali dan menghormati pengorbanan yang dilakukan petugas untuk memastikan keselamatan masyarakat dan lingkungan.

Selain itu, di Hari Pemadam Kebakaran Internasional dijadikan waktu yang tepat untuk mengenang petugas-petugas yang gugur dalam tugasnya. Hal ini lah yang mendasari JJ Edmondson, Liutenant Pemadam Kebakaran di Victoria, Australia, untuk mengorganisasi hari ini.

Pada tahun 2002 hari ini mulai diperingati dengan ‘Sound Off’ – membunyikan sirine selama tiga puluh detik yang diikuti dengan mengheningkan cipta untuk mengenang petugas pemadam kebakaran. Kesuksesaan dari Sound Off di 2002 menginspirasi untuk dijadikan cara peringatan setiap tahunnya.

Selain melakukan Sound Off, kita bisa ikut memperingati hari ini dengan menggunakan pita hari pemadam kebakaran internasional. Tunjukkan rasa terima kasih dengan pita berwarna biru dan merah yang merupakan simbol dari merah untuk api dan biru untuk air.

Tidak ada salahnya kan untuk menghargai pengorbanan orang lain? Kita juga bisa menunjukkan rasa terima kasih kepada petugas pemadam kebakaran di sekitar atau kita bisa membuat karya untuk memperkenalkan peran pemadam kebakaran ke masyarakat.

Di Indonesia sendiri, masih jarang orang yang menyadari pentingnya pekerjaan seseorang terhadap hidup kita. Jadi yuk bagikan informasi ini agar semakin banyak yang mengenal pentingnya petugas pemadam kebakaran di masyarakat.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

Loading