Sukses

Cegah Hoaks dengan CABE

Masyarakat harus meningkatkan literasi digital guna mencegah hoaks di ruang digital.

Liputan6.com, Jakarta - Koordinasi Literasi Digital untuk Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informasi, Rizki Ameliah mengajak masyarakat meningkatkan literasi digital guna mencegah hoaks di ruang digital.

Ia menilai, dengan memahami dan menerapkan pilar-pilar tersebut, masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dalam mengonsumsi informasi di ranah digital, sehingga bisa terhindar dari paparan hoaks.

"Jadi tentunya dengan cara meningkatkan kemampuan kita, nah kata kuncinya adalah CABE, yaitu Cakap, Aman, Budaya dan Etika berdigital," ujarnya dilansir Antara.

Rizki juga mengingatkan masyarakat terhadap pentingnya melakukan verifikasi sebelum menyebarkan informasi di ruang digital dan meminta masyarakat menjadi penjaga kebenaran informasi sebelum membagikannya kepada orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari Informasi yang Terverifikasi

Ia menambahkan meskipun suatu informasi terlihat positif, namun jika tidak memiiki manfaat yang nyata, sebaiknya tidak disebarkan. Hanya informasi yang sudah terverifikasi kebenarannya yang layak disebarluaskan.

Lebih lanjut Rizki mengatakan bahwa banyak portal-portal yang disediakan untuk memudahkan masyarakat mengecek kebenaran sebuah informasi, seperti contoh portal aduankonten.id yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi.

"Banyak portal-portal yang bisa kita manfaatkan untuk mengecek hoaks atau berita yang mengandung misinformasi dan disinformasi di media sosial," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.