Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Kepadatan Pemudik dari Tanah Abang ke Rangkasbitung hingga Naik Atap Kereta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kepadatan pemudik dari Tanah Abang ke Rangkasbitung hingga naik atap kereta

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kepadatan pemudik dari Tanah Abang ke Rangkasbitung hingga naik atap kereta. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Unggahan klaim video kepadatan pemudik dari Tanah Abang ke Rangkasbitung hingga naik atap kereta, menampilkan kereta sedang berjalan mengangkut penumpang yang pada hingga atap dan depan lokomotif.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Ada vidio viral pulang mudik naik kereta api dari tanah abang ke rangkasbitung yang penumpangnya berjubel sampai keatap kereta"

Benarkah klaim video kepadatan pemudik dari Tanah Abang ke Rangkasbitung hingga naik atap kereta? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kepadatan pemudik dari Tanah Abang ke Rangkasbitung hingga naik atap kereta, dengan menangkap layar video yang dibagikan untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim video kepadatan pemudik hingga naik atap kereta</p>

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya artikel berjudul "Fact Check: Video of horridly crowded train is from Bangladesh not United States" yang dimuat situs oneindia.com, situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim video kepadatan pemudik dari Tanah Abang ke Rangkasbitung hingga naik atap kereta.

<p>Penelusuran klaim video kepadatan pemudik hingga naik atap kereta</p>

Situs oneindia.com menyebutkan, pengambilan video tersebut dilakukan di Balashpur, Bangladesh.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Train full of Rohingya refugees leaves Bangladesh for Bihar following the formation of the new state government." yang dimuat situs Logically.ai. Situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.

<p>Penelusuran klaim video kepadatan pemudik hingga naik atap kereta</p>

Situs situs Logically.ai menyebutkan, kereta api dalam video tersebut adalah 47 Up Dewanganj Commuter. Kereta itu berlokasi Balashpur Overpass, Mymensingh sebuah kota yang terletak di utara ibu kota Bangladesh, Dhaka.

Sumber:

https://www.logically.ai/factchecks/library/853dee23

https://www.oneindia.com/fact-check/fact-check-video-of-horridly-crowded-train-is-from-bangladesh-not-united-states-3463934.html?story

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim video kepadatan pemudik dari Tanah Abang ke Rangkasbitung hingga naik atap kereta tidak benar.

Kereta api dalam video tersebut adalah 47 Up Dewanganj Commuter. Kereta itu berlokasi di Balashpur Overpass, Mymensingh sebuah kota yang terletak di utara ibu kota Bangladesh, Dhaka.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini