Sukses

Jadi Modus Penipuan, Simak Hoaks Terkini Seputar Pembagian Uang

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar pembagian uang bermunculan di tengah masyarakat, kabar bohong tersebut harus diwaspadai sebab menjadi modus penipuan.

Untuk memudahkan masyarakat membedakan informasi benar dan hoaks, Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi seputar pembagian uang.

Simak kumpulan hoaks pembagian uang hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Dana Bantuan Rp 189 Juta dari Pertamina

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pemberian dana bantuan Rp 189 juta dari PT Pertamina (Persero). Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim pemberian dana bantuan Rp 189 juta dari Pertamina.

"AKUN RESMI

PERTAMINA

Nomor Whatsapp Anda Terdaftar Sebagai Penerima Bantuan

Rp.189.000.000

*DARI PERTAMINA*

KODE PIN ANDA : (SPB994U)

Cara Pengambilan

KETIK : (SPB994U)

kirim ke WhatsApp ADMIN PERTAMINA

Di Bawah ini

đŸ‘‡đŸ‘‡

082188409958"

Benarkah klaim pemberian dana bantuan Rp 189 juta dari Pertamina? Simak hasil penelusurannya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kuesioner Bagikan Hadiah Rp 4 Juta Catut Nama Indomilk

Beredar di media sosial pesan berantai hoaks berisi kuesioner yang menjanjikan hadiah mencatut nama Indomilk. Pesan berantai ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai disebutkan bahwa Indomilk sedang merayakan ulang tahun ke-55. Mereka akan memberikan uang sebesar Rp 4 juta jika masyarakat mengisi kuesioner tersebut.

Namun Indomilk dalam postingan akun Instagram resminya yang sudah bercentang biru atau terverifikasi, @indomilk.kentalmanis membantah pesan berantai tersebut.

"Mohon berhati-hati terhadap penipuan pengisian kuesioner berhadiah yang mengatasnamakan Indomilk atau PT Indolakto.

PT Indolakto tidak pernah mengadakan campaign Indomilk 55Th dan kuesioner dengan iming-iming hadiah juga meminta pembayaran dalam bentuk apapun," bunyi postingan Indomilk yang diunggah pada 18 September 2022.

"Website official kami hanya ada di www.indomilk.com. Maka dari itu, mohon waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Indomilk atau PT Indolakto."

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS