Sukses

Koperasi pun Perlu Melakukan Transformasi Digital

Liputan6.com, Jakarta - Di era modernisasi dan perkembangan teknologi yang begitu pesat, koperasi pun perlu melakukan transformasi digital. Hal itu juga yang dilakukan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang terus mendorong pengurus Koperasi Wanita di daerah untuk mampu beradaptasi dan bertransformasi menuju digital.

“Koperasi, termasuk koperasi wanita dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, salah satunya melalui digitalisasi koperasi,” ujar Yulistra Ivo Sugianto Sabran, Ketua TP PKK) Provinsi Kalteng, dikutip dari Antara, Selasa (21/6).

Terkait dengan kegiatan pelayanan maupun pelaksanaannya, koperasi wanita di Kalteng diharapkan untuk menerapkan digitalisasi di berbagai kegiatan, baik dalam pendataan dan lainnya. Dalam hal ini koperasi wanita dituntut mampu bertransformasi serta berinovasi yang bertujuan menarik generasi muda ikut serta berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi.

Lanjutnya, perempuan memiliki potensi serta berperan besar dalam pembangunan nasional di berbagai bidang termasuk ekonomi.

“Keberadaan koperasi merupakan pilihan tepat bagi perempuan untuk mengembangkan potensi serta berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan pada ekonomi keluarganya dalam memenuhi kebutuhan pokok,” ujarnya.

Dengan adanya koperasi wanita, diharapkan perempuan sebagai pelaku usaha maupun masyarakat umum dapat memperoleh akses untuk mendapatkan modal usaha dan kesempatan mengikuti pengembangan usaha.

Belum lama ini, telah diselenggarakannya pelatihan transformasi digital menuju koperasi modern bagi pengurus koperasi wanita di Kalteng. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya Pemprov untuk meningkatkan kualitas koperasi melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kalteng.

Pelatihan transformasi digital menuju koperasi modern merupakan upaya dari mensukseskan program Kementerian Koperasi dan UKM, kata Norhani selaku Pelaksana Tugas Diskop UKM Kalteng.

Harapannya pengelola koperasi wanita semakin mengerti tentang transformasi digital dalam mengelola koperasi, prinsip pengelolaan koperasi berbasis digital, dan pengelolaan manajemen keuangan koperasi berbasis digital.

Dea Amanda/Universitas Multimedia Nusantara

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2951201/tp-pkk-kalteng-dorong-koperasi-wanita-melakukan-transformasi-digital

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.