Sukses

KIP Banda Aceh Ajak Mahasiswa Tolak Hoaks soal Pemilu

Mahasiswa dianggap perlu memahami pemilu guna menguatkan tatanan demokrasi sehingga terwujud pemilu berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh mengajak, para mahasiswa memahami demokrasi dan pemilu.

Hal ini, sengaja dilakukan untuk mencegah berkembangnya hoaks atau informasi bohong terkait pemilu dan tahapannya di kalangan mahasiswa.

"Pemahaman demokrasi dan pemilu sangat penting bagi mahasiswa dan generasi muda lainnya karena akan menguatkan tatanan demokrasi yang nantinya akan melibatkan mereka," kata Ketua KIP Kota Banda Aceh, Indra Mildwady dilansir dari Antara, Selasa (29/3/2022).

Menurut Indra, mahasiswa perlu memahami pemilu guna menguatkan tatanan demokrasi sehingga terwujud pemilu berkualitas.

"Dengan memahami demokrasi, maka menciptakan ketahanan demokrasi sehingga menghasilkan pemilu berkualitas dan berintegritas," ucap Indra.

Indra menambahkan, pemahaman demokrasi dan pemilu tersebut meliputi desain sistem kepemiluan, baik pemilu legislatif, pemilihan presiden, pemilihan kepala daerah, dan penataan daerah pemilihan.

"Selain itu, kami berharap dengan sosialisasi dan kuliah umum ini akan meningkatkan partisipasi mahasiswa dan kalangan generasi muda lainnya untuk mengikuti pesta demokrasi tersebut," tutur dia.

Sementara, Divisi Hukum dan Pengawasan KIP Kota Banda Aceh Muhammad AH mengatakan mahasiswa harus memahami pengetahuan hukum pemilu. Dengan memahami aturan pemilu, maka mahasiswa bisa mengawasi dan mengawal pesta demokrasi tersebut.

"Kami mengajak mahasiswa ikut berperan aktif mengawal setiap proses pemilu. Apalagi, mahasiswa merupakan penerus bangsa yang harus bisa memahami demokrasi bangsa," paparnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.