Sukses

Vaksinasi Covid-19 Bangun Herd Immunity

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini pemerintah tengah gencar menggelar vaksinasi Covid 19. Ditargetkan vaksinasi di Indonesia mencapai 70 persen untuk membangun herd immunity atau kekebalan komunitas dalam menghadapi pandemi Covid 19 ini.

Dalam hal ini pemerintah juga terus memperluas jangkauan vaksinasi Covid 19. Sehingga capaian wilayah yang mendapatkan vaksin bisa lebih luas lagi.

Mantan direktur WHO dan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Tjandra Yoga Aditama, menjelaskan, tidak semua orang bisa divaksin, misalnya dengan alasan sakit. Namun, hal tersebut bisa terlindungi karena orang di sekitanya sudah melakukan vaksinasi. Nah, itulah fungsi herd immunity.

Jika vaksinasi Covid 19 di Indonesia sudah mencapai target, yaitu sebanyak 70 persen, kata Prof. Tjandra, ketika ada orang yang sakit menularkan ke orang lain yang sudah divaksin maka penyakit tersebut akan mental dan bisa melindungi masyarakat yang rentan.

“Makanya ada yang mengatakan bahwa kalau ada orang sakit penyakitnya enggak bisa tersebar lagi karena masyarakatnya sudah banyak yang divaksin," papar Prof. Tjandra saat live streaming virtual class oleh Liputan6.com dengan tema “Varian Delta Turunkan Efikasi, Perlukah Vaksin Dosis Ketiga?”, Selasa (27/07/2021).

Hanya memang, adanya keterbatasan kesediaan vaksin dan distribusi saat ini, serta sekelompok orang yang belum ingin divaksin dengan berbagai alasan menjadi salah satu tantangan vaksinasi.

(MG/Geiska Vatikan Isdy)

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.