Sukses

Kumpulan Hoaks Penampakan Uang Baru, Simak Faktanya

Berikut kumpulan hoaks wujud uang baru hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi penampakan uang baru kerap menyita perhatian untuk mengetahui wujudnya, namun informasi tersebut terkadang tidak benar alias hoaks. Sebab itu, kita perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah  menelusuri sejumlah informasi tentang penampakan uang baru, hasilnya sebagian informasi tersebut hoaks.

Berikut kumpulan hoaks wujud uang baru hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Bank Indonesia Keluarkan Uang Baru Nominal 1.0

 

 

Cek Fakta Bank Indonesia keluarkan uang dengan nominal baru.

Beredar di media sosial postingan video terkait klaim uang baru dari Bank Indonesia dengan nominal 1.0. Video itu ramai dibagikan sejak akhir pekan lalu.

Video viral itu pertamakali diunggah di Tiktok kemudian banyak dibagikan di media sosial lain. Salah satunya adalah akun bernama @3menitvideo.

Akun tersebut mengunggahnya di Facebook pada 9 Mei 2021. Di dalam video berdurasi 14 detik itu terdapat narasi "ngasih THR pakai uang pecahan ini lucu kali ya? Hayoo udh ada yang punya belom?"

Lalu benarkah Bank Indonesia mengeluarkan mata uang dengan nominal 1.0? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, video terkait Bank Indonesia mengeluarkan mata uang dengan nominal 1.0 adalah tidak benar.

Gambar uang dalam video tersebut merupakan uang dalam rangka uji cetak di Perum Peruri sehingga hanya untuk kepentingan internal Peruri.

 

2. Foto Uang Logam Pecahan Rp 11 Triliun

 

Gambar Tangkapan Layar Foto yang Diklaim Uang Logam Pecahan Rp 11 Triliun (sumber: Facebook)

 Sebuah foto yang diklaim uang logam pecahan Rp 11 triliun beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan oleh akun Facebook Mattahati 15 April 2021.

Dalam foto tersebut, terlihat uang logam berwarna perak dengan tulis Bank Indonesia 11 TRILIUN RUPIAH. Terdapat juga narasi dalam gambar tersebut.

"Uang Di kantong pak lurah".

"Inget ketika doski ngomongin yg ginian... kaya dongeng 1001 malam aja..

Yaaa.... sering terpikikan APAKAH DIA MASIH PUNYA RASA MALU GAK... SETELAH SEKIAN BANYAK JANJI & KEBOHONGANNYA BERULANG KALI TERJADI ?!.." tulis akun Facebook Mattahati.

Konten yang disebarkan akun Facebook Mattahati telah 29 kali dibagikan dan mendapat 38 komentar warganet.

Benarkah foto tersebut merupakan uang logam pecahan Rp 11 triliun? Berikut penelusurannya.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang diklaim uang logam pecahan Rp 11 triliun ternyata tidak benar. Faktanya tidak ada uang logam koin pecahan Rp 11 triliun yang beredar di Indonesia. Foto yang disebarkan akun Facebook Mattahati telah disunting atau diedit.

 

3. Uang Baru RI Pecahan Rp 100 dengan Wajah Presiden Jokowi

 Pada 7 Februari 2021, pemilik akun Ridwan Aman membagikan video yang berasal dari Tiktok dengan klaim uang baru keluaran Bank Indonesia dengan wajah Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi .

Uang dengan wajah Jokowi ini senilai Rp 100. Uang kertas itu berwarna merah. Disebutkan kalau itu merupakan uang versi redonomisasi.

Sebagai keterangan untuk narasi di Facebook, Penggemar KOIN Semata menuliskan sebagai berikut:

"#ViralNEWS - Video : Tampilan Uang Kertas Indonesia Versi Redonomisasi Pecahan 100 Bergambar Presiden Jokowi. Bagaimana Menurut Kalian ?"

Lalu, benarkah wajah Presiden Jokowi terpampang di uang baru keluaran Bank Indonesia? Simak penelusurannya di halaman berikut.

Klaim uang kertas baru pecahan Rp 100 bergambar wajah Presiden Jokowi ternyata tidak benar atau hoaks. Faktanya, uang itu tidak dikeluarkan Bank Indonesia.

 

 

 

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.