Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Uang Logam Pecahan Rp 11 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim uang logam pecahan Rp 11 triliun beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan oleh akun Facebook Mattahati 15 April 2021.

Dalam foto tersebut, terlihat uang logam berwarna perak dengan tulis Bank Indonesia 11 TRILIUN RUPIAH. Terdapat juga narasi dalam gambar tersebut.

"Uang Di kantong pak lurah".

"Inget ketika doski ngomongin yg ginian... kaya dongeng 1001 malam aja..

Yaaa.... sering terpikikan APAKAH DIA MASIH PUNYA RASA MALU GAK... SETELAH SEKIAN BANYAK JANJI & KEBOHONGANNYA BERULANG KALI TERJADI ?!.." tulis akun Facebook Mattahati.

Konten yang disebarkan akun Facebook Mattahati telah 29 kali dibagikan dan mendapat 38 komentar warganet.

Benarkah foto tersebut merupakan uang logam pecahan Rp 11 triliun? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto yang diklaim uang logam pecahan Rp 11 triliun. Penelusuran dilakukan dengan membuka situs milik Bank Indonesia, bi.go.id.

Dalam situs tersebut dijelaskan mengenai uang rupiah berbentuk kertas dan logam. Uang rupiah kertas terdiri dari pecahan 1.000, 2.000, 5.000, 10.000, 20.000, 50.000, dan 100.000.

Sedangkan uang logam koin terdiri dari pecahan Rp 50, Rp 100, Rp 200, Rp 500, dan Rp 1.000. Selanjutnya ada juga uang koin khusus yang diproduksi dengan tema tertentu, misalnya memperingati kemerdekaan Indonesia. Namun dalam situs bi.go.id tidak ada uang logam koin pecahan Rp 11 triliun.

Gambar Tangkapan Layar Foto Uang Logam dari Situs bi.go.id

 

Referensi:

https://www.bi.go.id/id/rupiah/gambar-uang/Default.aspx

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim uang logam pecahan Rp 11 triliun ternyata tidak benar. Faktanya tidak ada uang logam koin pecahan Rp 11 triliun yang beredar di Indonesia. Foto yang disebarkan akun Facebook Mattahati telah disunting atau diedit.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: