Sukses

Simak Hoaks Pembagian Hadiah yang Beredar dalam Sepekan

Liputan6.com, Jakarta- Informasi tentang pembagian hadiah dari perusahaan beredar di media sosial belakangan ini, kabar tersebut tentu sangat menarik untuk diikuti. Namun, sebaiknya kita tidak mudah mempercayainya sebelum memastikan asal sumber yang kredibel agar tidak menjadi korban hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri informasi pembagian hadiah perusahaan, hasilnya informasi tersebut terbukti palus alias hoaks.

Berikut informasi hoaks  pembagian hadiah dari perusahaan:

1. Hadiah Rayakan Ulang Tahun ke-100 Toyota

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 jam tangan pintar dan smartphones dari Toyota. Pesan berantai ini beredar sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai terdapat narasi: "100 th anniversary celebration. Everyone can get free gift". Selain itu juga terdapat tautan: http://559992.xyz/toyota-bx/?t=1618455542287.

Saat diklik tautan tersebut mengarah pada website dengan narasi:

"100th anniversary celebration. Lots of exquisite gifts, as well as more than 1000 units of smart watches and mobile devices. All you have to do is open the correct gift box. You have 3 tries, good luck!"

Lalu benarkah pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 jam tangan pintar dan smartphones dari Toyota? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuruan Cek Fakta Liputan6.com, pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 jam tangan pintar dan smartphones dari Toyota adalah hoaks.

 

2.  Indomie Bagikan Hadiah untuk Rayakan Hari Jadi Ke-60

mendapati informasi tentang Indomie bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60, informasi tersebut beredar dijejaring sosial WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang Indomie bagikan hadiah merayakan hari jadi ke-60 berupa tautan, berikut informasi tersebut:

 

Indomie bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60 tahun

Benarkah informasi Indomie bagikan hadiah merayakan hari jadi ke-60? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi tentang Indomie bagikan hadiah untuk merayakan hari jadi ke-60 tidak benar.

Indofood tidak melakukan pendistribusian hadiah gratis seperti yang disebutkan dalam pesan WhatsApp di atas dan mengimbau masyarakat untuk tidak mengklik tautan situs web apa pun yang diteruskan oleh aplikasi perpesanan

 

3. HM Sampoerna Bagikan Hadiah untuk Rayakan Hari Jadi Ke-100 Tahun

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT HM Sampoerna membagikan hadiah untuk merayakan hari jadinya ke- 100 tahun.

Informasi HM Sampoerna bagikan hadiah untuk rayakan hari jadi Ke- 100 tahun beredar lewat jejaring sosial WhatsApp.

Seperti berikut:

 

Penelusuran informasi HM Sampoerna bagikan hadiah untuk rayakan hari jadi Ke- 100 tahun

Benarkah informasi HM Sampoerna bagikan hadiah untuk rayakan hari jadi Ke- 100 tahun? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi HM Sampoerna bagikan hadiah untuk rayakan hari jadi Ke- 100 tahun tidak benar.

Pihak HM Sampoerna tidak pernah membuat program pembagian hadiah untuk rayakan hari jadi Ke- 100 tahun.

 

4. Garuda Indonesia Bagikan Hadiah Gratis

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Garuda Indonesia memberi hadiah gratis dengan mengisi survei. Informasi tersebut beredar melalui jejaring sosial aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi Garuda Indonesia memberi hadiah gratis berupa tautan yang mengarah pada survei, berikut informasi tersebut:

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Garuda Indonesia memberi hadiah gratis dengan mengisi survei

Benarkah informasi informasi Garuda Indonesia memberi hadiah gratis dengan mengisi survei? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi Garuda Indonesia memberi hadiah gratis dengan mengisi survei hoaks.

Informasi Garuda Indonesia memberi hadiah gratis dengan mengisi survei tersebut bukan program Garuda Indonesia.

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut