Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Hadiah Rayakan Ulang Tahun ke-100 Toyota

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 jam tangan pintar dan smartphones dari Toyota. Pesan berantai ini beredar sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai terdapat narasi: "100 th anniversary celebration. Everyone can get free gift". Selain itu juga terdapat tautan: http://559992.xyz/toyota-bx/?t=1618455542287.

Saat diklik tautan tersebut mengarah pada website dengan narasi:

"100th anniversary celebration. Lots of exquisite gifts, as well as more than 1000 units of smart watches and mobile devices. All you have to do is open the correct gift box. You have 3 tries, good luck!"

Lalu benarkah pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 jam tangan pintar dan smartphones dari Toyota?

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com melakukan penelusuran dengan menghubungi pihak Toyota Indonesia. Mereka membantah sedang mengadakan program seperti yang ada di pesan berantai.

"Pesan berantai itu hoaks. Kami mengimbau masyarakat untuk waspada pada program yang tidak resmi mengatasnamakan brand seperti Toyota. Kami juga mengimbau supaya tidak mudah mengakses tautan atau link yang tidak jelas," ujar Dimas Aska, Interactive Communication Dept. Head Toyota Astra Motor, Jumat (16/4/2021).

"Untuk info-info Toyota baik program, layanan ataupun produk mengenai Toyota bisa diakses melalui channel Toyota yang sudah terverifikasi, seperti website, maupun channel lain seperti Instagram dan Youtube Toyota," katanya menambahkan.

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga mengunjungi akun resmi Toyota Indonesia di Instagram, @toyotaid. Di sana terdapat postingan terkait pesan berantai tersebut yang diunggah 9 April 2021.

Berikut isinya:

"Telah beredar tautan (link) website dengan imink-imink hadiah berjudul "Perayaan Ulang Tahun ke-100 Toyota" melalui SMS, chat, dan media sosial. Kami menghimbau untuk tidak mengklik tautan tersebut.

Pastikan kamu mendapat informasi dari akun resmi Toyota yang terverifikasi yakni Instagram @toyotaid, Facebokk @ToyotaID dan Twitter@ToyotaID."Cek Fakta Toyota bagi hadiah.

Selain itu dalam web resminya, Toyota merupakan perusahaan yang berdiri pada 28 Agustus 1937. Artinya tahun ini Toyota baru akan berusia 84 tahun, sehingga narasi dalam pesan berantai tidak tepat.

Sumber:

https://global.toyota/en/company/profile/overview/

3 dari 5 halaman

Kesimpulan:

Pesan berantai yang menjanjikan hadiah 1000 jam tangan pintar dan smartphones dari Toyota adalah hoaks.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini