Sukses

Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Janjikan Saldo dari OVO

Beredar melalui aplikasi percakapan dan media sosial pesan berantai mencatut nama OVO.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui aplikasi percakapan dan media sosial pesan berantai mencatut nama OVO. Dalam pesan berantai tersebut menjanjikan saldo OVO tertentu jika mengklik tautan yang disertakan.

Salah satu akun yang membagikannya adalah bernama Afliq Ahmad. Dia mengunggahnya di Facebook pada 19 Januari 2021.

Berikut isinya:

"Bagi yang menginginkan Saldo ovo gratis,cobalah menggunakan bot telegram ini. Mulailah berpenghasilan dari smartphone anda & jadikan waktu kalian berharga. Namun kalian wajib mempunyai aplikasi Telegram.1 Reff = Rp.10.000https://t.me/ovogratisid_bot?start=r00923698140"

Lalu benarkah OVO mengadakan program seperti yang tersebar dalam pesan berantai?

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi Harumi Supit, Head of Corporate Communication OVO. Ia menyebut pesan berantai tersebut tidak benar.

"Kami secara resmi menyatakan bahwa OVO tidak pernah menyelenggarakan program pesan berhadiah ataupun menjanjikan hadiah apapun kepada para pengguna. Kami percaya bahwa keamanan dan data pengguna merupakan hal yang sangat penting dan menjadi prioritas kami," kata Harumi saat dihubungi, Kamis (28/1/2021).

"Kami informasikan juga untuk tidak pernah membagikan kode OTP dan Security Code anda kepada pihak manapun termasuk kepada petugas Layanan Pelanggan sekalipun," katanya menambahkan.

Ia juga menyebut semua program yang diadakan OVO selalu melalui kanal resmi yang dimiliki.

"Segala informasi resmi mengenai OVO selalu disampaikan melalui akun resmi sosial media kami yang sudah bercentang biru atau terverifikasi. Kami akan terus menjamin bahwa setiap data pelanggan dilindungi demi memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pengguna OVO."

Website OVO sendiri beralamat di OVO.ID, sementara akun Facebooknya beralamat di @OVOIDN, Twitter di @ovo_id dan Instagram di @ovo_id.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut OVO sedang mengadakan program membagi saldo adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.