Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Jokowi Pegang Penghargaan dari YouTube karena Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Foto Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memegang sebuah penghargaan dari YouTube, Silver Play Button, sedang ramai dibicarakan. Akun yang mengunggah foto ini adalah @pondoxcina.

Akun tersebut mengunggah foto tersebut di Twitter pada 27 Juli 2020 pukul 15.24 WIB. Di foto tersebut, Jokowi mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih sambil memegang Silver Play Button.

Di Silver Play Button itu ada tulisan: "Penghargaan untuk Jokowi atas 100.000 kasus Covid."

Akun @pondoxcina juga membuat narasi sebagai keterangan fotonya. Berikut narasinya:

"Selamat pak jokowi 100k-nya".

Foto itu pun menjadi viral pada Selasa (28/7/2020). Foto tersebut mendapat 4,6 ribu like dan sudah dibagikan sebanyak 1,4 ribu kali.

Benarkah foto Jokowi memegang penghargaan dari YouTube itu asli?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto tersebut melalui situs pencari Yandex. Dalam situs tersebut, ada banyak gambar serupa saat Jokowi menggunakan kemeja lengan panjang berwarna putih.

Namun selama penelusuran, Tim Cek Fakta Liputan6.com tidak menemukan foto Jokowi sedang memegang pernghargaan dari YouTube.

 

 

Aslinya, foto Jokowi sedang memintar Kartu Indonesia Pintar KIP. Kartu ini merupakan salah satu program andalan Jokowi saat kampanye Pilpres 2019.

Foto ini diambil oleh fotografer Antara, Adiwinata Solihin. Foto ini diambil di GOR David Tonny, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, pada 1 Maret 2019. Foto serupa juga pernah ditayangkan berbagai media di Indonesia, salah satunya Tirto.id pada 7 Maret 2019.

Sementara itu, kasus virus corona di Indonesia yang tercatat pada Senin (27/7/2020) sudah lebih dari 100 ribu kasus. Tercatat, sudah 4.838 orang meninggal dunia karena wabah ini.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto Presiden Jokowi memegang penghargaan dari YouTube karena kasus virus corona sudah tembus 100 ribu tidak benar karena telah dimanipulasi. Foto aslinya, Jokowi sedang memegang Kartu Indonesia Pintar pada 2019.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.