Sukses

[Cek Fakta] Beredar Video 'Lady Gaga' Lantunkan Ayat-Ayat Alquran, Ini Faktanya

Beredar video seorang perempuan, berambut pirang, melantunkan ayat-ayat suci Alquran dengan suara merdu. Benarkah itu Lady Gaga?

Liputan6.com, Jakarta - Video seorang perempuan, berambut pirang, mengenakan kaca mata hitam, melantunkan ayat-ayat suci Alquran dengan suara merdu, beredar di media sosial.

Sejumlah narasi menyertai unggahan video tersebut, terutama terkait identitas perempuan tersebut. Salah satunya akun Facebook فطوم القدري

"LADY GAGA 🤲🙏👍👍👍👌👌Subhanalla Mujijat itu nyata 👌👍Moga besok lusa disusul MADONA Sahadat amiiiin," demikian narasi yang menyertai unggahan video tersebut.

Video dalam unggahan akun Facebook tersebut setidaknya telah ditonton 31.933 kali.

Benarkah perempuan dalam video, yang melantunkan ayat-ayat Alquran adalah lady Gaga?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tangkapan layar video tersebut kami telusuri menggunakan alat (tool) Google Reverse Images.

Sejumlah hasil penelusuran muncul. Salah satunya video Youtube yang diunggah akun Radio Med. Saksikan videonya di sini.

Ternyata, perempuan tersebut bukanlah Lady Gaga melainkan penyanyi asal Tunisia, Sofia Sadek. 

Cek Fakta - Sofia Sadek (Twitter)

 

Video serupa yang diunggah akun Hum Alert mengungkap bahwa Sofia Sadek, Miss World Tunisia, melantunkan ayat-ayat suci Alquran Surat Ad-Duha.

"Sofia Sadek melantunkan ayat-ayat suci Alquran Surat Ad-Duha dalam sebuah acara televisi yang disiarkan langsung untuk para korban penembakan di masjid Chirstchurch, Selandia Baru," demikian ungkap Hum Alert, dalam unggahannya pada 31 Maret 2019.

"Tunisian miss world Sofia Sadek recites holly Quran Surah Ad-duha. Signer Sofia Sadek recites Holly Quran Surah Ad-Dhua in live TV show for victims of New Zealnd Chirstchurch masjid shooting. #sofiasadek #humalert #humsab"
3 dari 4 halaman

Kesimpulan Klaim

Perempuan berambut pirang yang melantunkan ayat-ayat suci Alquran, dalam video yang viral, bukanlah Lady Gaga. Ia adalah Sofia Sadek, penyanyi asal Tunisia.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.