Sukses

Mengintip Kekuatan Calon Lawan Indonesia di Final SEA Games

Pasukan Kiatisuk Senamuang ini belum pernah menelan kekalahan dari lima laga di Myanmar.

Indonesia akan berhadapan dengan Thailand di final cabang sepakbola putra SEA Games 2013 besok (21/12/2013) malam WIB. Tidak mudah bagi pasukan Rahmad Darmawan mewujudkan target merebut medali emas.

Thailand tampil perkasa sepanjang SEA Games 2013. Pasukan Kiatisuk Senamuang ini belum pernah menelan kekalahan dari lima laga di Myanmar. Thailand juga berhasil mencukur Indonesia 4-1 di babak penyisihan grup.

Sepanjang SEA Games 2013 Thailand sangat solid. Tidak seperti RD yang masih sering bongkar pasang pemain, Kiatisuk sudah memiliki kerangka tim utama.

Di posisi penjaga gawang, Kawin Thammasatchanan merupakan pemain tak tergantikan. Kawin hanya absen sekali saat Thailand melawan Kamboja karena laga tersebut sudah tidak begitu menentukan. Bakat besar Kawin juga membuatnya sempat dibidik oleh Manchester United.

Kuartet lini belakang dipercayakan Kiatisuk kepada kapten Theeraton Bunmathan, Artit Daosawang, Sakolwat Skollah dan Pravinwat Boonyong. Keempatnya tampil disiplin dan sulit ditembus lawan.

Tak hanya piawai mengawal pertahanan, Boonyong juga sangat tajam. Meski berposisi sebagai bek, Boonyong sekarang merupakan pencetak gol terbanyak Thailand di SEA Games 2013. Dia sudah membukukan tiga gol. Boonyong punya sundulan maut dan mahir mengeksekusi bola mati.

Bunmathan juga patut diwaspadai Indonesia. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini rajin membantu serangan dan sangat tenang dalam bertahan. Pemilik nomor punggung tiga ini memiliki umpan silang mematikan serta tendangan geledek kaki kiri.

Beralih ke lini tengah, Charyl Chappuis akan menjalankan peran penting dalam menghentikan serangan lawan sebelum masuk ke jantung pertahanan.

Transisi dari menyerang ke bertahan Thailand sangat baik karena Chappuis bersama dua sayap, Krirkrit Thaweekarn dan Pakorn Prempak dikenal rajin menutup kekosongan yang ditinggalkan Bunmathan dan Artit yang sering naik membantu serangan.

Thitipan Puangchan dan Pokklaw Anan akan menjadi motor serangan Thailand. Keduanya bertugas menyokong striker tunggal Adisak Kraisorn. Puangchan dan Anan memiliki kemampuan melepas tendangan jarak jauh. Di penyisihan grup, Kurnia Meiga Hermansyah sudah pernah merasakan dahsyatnya sepakan jarak jauh kedua pemain ini.

Thailand juga masih punya satu senjata rahasia dari bangku cadangan yakni pemain mungil Chanathip Songkrasin. Pemain bernomor punggung 18 ini memiliki kemampuan olah bola dan kecepatan di atas rata-rata.

Tugas berat pun kini menghinggapi RD untuk dapat meracik strategi yang tepat untuk meruntuhkan kehebatan Thailand. Saksikan perjuangan Bayu Gatra cs di final SEA Games 2013 hanya dilayar SCTV besok malam mulai pukul 18.45 WIB.


Baca Juga:
RD: Indonesia Beruntung dalam Adu Penalti
Falcao Sulit Didatangkan, Chelsea Bidik Higuain
Milito Terancam Absen di Derby Milan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.