Sukses

Hasil Thomas Cup 2024: Sikat India, Indonesia Amankan Status Juara Grup

Tim putra Indonesia mengalahkan Inggris pada laga penutup Grup C Piala Thomas 2024 di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium, Rabu (1/5/2024) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Tim putra Indonesia mengalahkan India 4-1 pada laga penutup Grup C Piala Thomas 2024 di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium, Rabu (1/5/2024) malam WIB.

Indonesia memastikan kemenangan setelah unggul 3-1. Sempat tertinggal menyusul tumbangnya Anthony Sinisuka Ginting, Merah Putih memastikan hasil positif melalui sumbangsih Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Jonatan Christie, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Tunggal ketiga Chico Aura Dwi Wardoyo kemudian melengkapi kemenangan Indonesia. Hasil ini membuat Fajar Alfian dan kawan-kawan keluar sebagai juara dan bakal mendapat status unggulan pada perempat final Thomas Cup 2024.

"Tadi sempat keringat dingin melihat pertandingan Bagas/Fikri, harusnya bisa menang straight game tapi harus rubber. Sempat tegang juga karena bila tertinggal 0-2 akan sangat berpengaruh. Tapi Puji Tuhan menang dan saya bisa memulai dengan cukup tenang," kata Jonatan pada keterangan PBSI.

"Di gim ketiga saya coba lebih berjuang karena ingin bawa Indonesia juara grup atau sekurang-kurangnya dapat poin dulu. Menjadi juara grup cukup berpengaruh untuk perjalanan kami di tim Thomas, dari undian akan terhindar dari unggulan satu atau dua walaupun semua lawan saya tahu akan berat," sambungnya. 

Calon lawan Indonesia di babak 8 besar Piala Thomas 2024 adalah Korea Selatan, Chinese Taipei, dan Malaysia. Identitas lawan baru diketahui melalui undian yang berlangsung setelah seluruh laga selesai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Thomas Cup 2024 Indonesia vs India

Tunggal 1: Anthony Sinisuka Ginting vs Prannoy HS 21-13, 12-21, 12-21

Ganda 1: Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty 24-22, 22-24, 21-19

Tunggal 2: Jonatan Christie vs Lakhsya Sen 21-18, 16-21, 21-17

Ganda 2: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Dhruv Kapila/K Sai Pratheek 22-20, 21-11

Tunggal 3: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Kidambi Srikanth 19-21, 24-22, 21-14

3 dari 3 halaman

Tim Putri Indonesia Jadi Runner-up Grup C Uber Cup 2024

Berbeda dengan tim putra, tim putri harus puas menjadi runner-up Grup C di Piala Uber. Pasalnya, Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan dikalahkan Jepang 2-3 pada laga terakhir yang berlangsung Rabu siang.

Di perempat final, tim putri Indonesia dipasangkan melawan Thailand yang berstatus juara Grup B. “Dari hasil drawing kita pastikan akan melawan Thailand dan pemain Uber kita harus lebih siap lagi,” kata Manajer Tim Indonesia sekaligus Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja.

“Di perempat final ini, hampir semua tim (memiliki kemampuan yang rata). Ada harapan besar ketika melawan Thailand nanti bisa ada peluang untuk lolos ke semifinal,” sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini