Sukses

Tuntaskan TC, Timnas Indonesia U-20 Alami Perkembangan Positif

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 menyelesaikan pemusatan latihan (TC), Sabtu (10/2/2024), dengan pemain dikembalikan ke klub masing-masing. Pelatih Indra Sjafri mengaku puas dengan perkembangan anak asuhnya. 

TC timnas U-20 Indonesia berlangsung di Jakarta sejak 30 Desember lalu. Selain memantapkan strategi, timnas juga melangsungkan sejumlah uji coba.

Mereka menghadapi tim K-League 1 Suwon FC di Stadion Madya, Rabu (7/2/2024), dalam laga berdurasi 3x35 menit. Garuda Muda bermain imbang 0-0 di partai tersebut. Setelahnya timnas U-20 menjalani internal game, Jumat (9/2/2024).

"Uji coba merupakan cara melihat perkembangan kualitas pemain setelah mengikuti stimulus latihan pada fase awal pembentukan tim U-20 Indonesia," kata Indra Sjafri.

"Saya puas apa yang ditampilkan pemain saat lawan Suwon FC. Melihat kemampuan pemain dalam memahami filosofi permainan dan game plane sudah sesuai apa yang kami inginkan. Meski begitu, kami juga terus melakukan promosi dan degradasi pemain," tambahnya dilansir situs resmi federasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas U-20 Indonesia Tumbang dari Thailand dan Uzbekistan

Timnas U-20 sebelumnya sempat menjajal Thailand dan Uzbekistan. Di dua laga tersebut Garuda Nusantara menderita kekalahan.

Meladeni Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (26/1/2024), timnas U-20 menyerah 1-2 meski sempat memimpin. Sedangkan pada Selasa (30/1/2024), anak asuh Indra Sjafri kalah dramatis 2-3 dari Uzbekistan di Stadion Madya.

“Fungsi uji coba adalah memberikan stimulus kepada para pemain, untuk melihat kemampuan pemain, bagaimana individual tactical mereka, bagaimana team tactical mereka, dan bagaimana mereka menjalankan team tactical yang kita inginkan. Dalam rangka mencari pemain terbaik,” kata Indra Sjafri.

“Karena sebelumnya kita mencari pemain terbaik itu lewat tes-tes yang sudah kita lakukan di awal, dengan mengambil profil medis mereka, profil fisik mereka, profil fisiologi mereka, profil psikologi mereka. Sekarang sampai di tahap bagaimana kita bisa melihat kualitas para pemain bermain dengan tim-tim yang berlainan negara,” tambahnya. 

3 dari 3 halaman

Ambisi Besar Timnas Indonesia U-20

Timnas U-20 rencananya kembali menggelar TC pada Maret mendatang. Mereka disiapkan mengikuti sejumlah turnamen yakni Piala AFF, kualifikasi Piala Asia, dengan target besar lolos ke Piala Dunia U-20 2025 di Chile.

Indra Sjafri mengungkapkan timnya telah mengantongi sejumlah nama pemain yang akan dipanggil dalam pemusatan latihan mendatang.

Selain itu, pelatih yang mengantarkan Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games 2023 tersebut tidak menutup kemungkinan untuk memboyong pemain Indonesia yang kini tengah berkompetisi di luar negeri.

"TC akan kami lanjutkan nanti di bulan Maret dan kami sudah merancang akan menjalani dua kali uji coba. Pemain-pemain yang kami panggil adalah pemain-pemain yang kami nilai terbaik dari TC tahap satu dan tahap dua nanti," ujar Indra Sjafri.

"Kami akan memanggil pemain-pemain yang punya paspor Indonesia yang bermain di luar negeri baik itu keturunan atau anak-anak Indonesia yang bermain di luar. Itu program bulan Maret mendatang," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini