Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Sudah Cetak 7 Gol Tanpa Kebobolan, Prancis Belum Pede Raih Gelar Juara di Indonesia

Pelatih Timnas Prancis U-17 Jean-Luc Vannuchi belum terlalu percaya diri akan prospek timnya meraih gelar juara di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Padahal, pasukan muda Les Bleus berhasil menyelesaikan fase penyisihan grup dengan catatan mentereng 7 gol tanpa kebobolan.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Prancis U-17 Jean-Luc Vannuchi belum terlalu percaya diri akan prospek timnya meraih gelar juara di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Padahal, pasukan muda Les Bleus sejatinya baru saja menyelesaikan fase penyisihan grup dengan raihan mentereng.

Joachim Kayi Sanda dan kawan-kawan tercatat berhasil menyapu bersih kemenangan serta mengoleksi 7 gol tanpa satu pun kebobolan dari total 3 laga grup E yang dihelat di Jakarta International Stadium.

Hasil itu mengantar pasukan muda Les Bleus berhak melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup sekaligus menjadi satu-satunya tim di Piala Dunia U-17 2023 yang mampu menjaga i dalam 3 laga penyisihan sejak awal kompetisi.

Kendati demikian, Jean-Luc Vannuchi nampaknya ogah langsung jemawa akan potensi Prancis menyabet gelar juara FIFA U-17 World Cup di Tanah Air.

Juru taktik berusia 53 tahun menilai semua tim memiliki prospek yang sama untuk memperebutkan trofi, sehingga dia hanya ingin membawa pasukan muda Les Blues fokus menyelesaikan pertandingan demi pertandingan.

"Saya tidak tahu (apakah Prancis akan menjadi juara). Semua tim di turnamen ini ingin menjuarai Piala Dunia U-17, jadi saya tidak tahu," ujar Vannuchi saat ditemui di mixed zone JIS selepas laga melawan Amerika Serikat, Sabtu (18/11/2023) malam WIB.

"Saya tidak tahu karena kami hanya menjalani pertandingan demi pertandingan," sambung juru taktik berusia 53 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Pencapaian Timnas Prancis U-17

Terlepas dari tanggapannya terkait prospek Timnas Prancis U-17 merebut gelar juara, Jean-Luc Vannuchi tetap mengapresiasi performa impresif yang diperlihatkan anak-anak asuhnya sepanjang fase penyisihan.

Pelatih kelahiran 1970 mengaku senang lantaran skuad muda Les Bleus mampu meraih tiga kemenangan beruntun tanpa kebobolan yang mengantar mereka finis di puncak klasemen akhir grup E Piala Dunia U-17 2023.

"Tim kami, para pemain, dan staf sangat senang bisa meraih tiga kemenangan di tiga laga fase grup. Kami juga berakhir (finis) di puncak klasemen. Hal ini sangat penting bagi kami karena kami tidak datang ke Jakarta untuk berlibur," ucap Vannuchi.

"Tidak hanya itu, Timnas Prancis U-17 juga belum kebobolan sampai sekarang dan (capaian) itu pun amat penting buat kami lantaran bisa (membantu) skuad berpikir bahwa mereka adalah tim yang hebat," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Ditantang Senegal di Babak 16 Besar

Adapun Timnas Prancis U-17 selanjutnya bakal ditantang Senegal di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Tim asal Afrika berhasil lolos ke fase knock-out setelah finis sebagai runner-up grup D di bawah Argentina yang unggul selisih gol.

Menghadapi laga ini, Jean-Luc Vannuchi pun ogah meremehkan kekuatan Senegal. Ia mengeklaim pihaknya telah menugaskan tim pengamat guna mengobservasi calon lawan mereka di babak 16 besar FIFA U-17 World Cup 2023.

"Sekarang, kami mempersiapkan diri untuk laga selanjutnya. Kami tengah mengamati mereka (Senegal), kami bahkan punya observator (tim pengamat) untuk itu," ujar Vannuchi.

"Kami akan melakukan apa pun untuk bisa menang di laga selanjutnya," sambung pelatih Timnas Prancis U-17 kepada awak media di mixed zone Jakarta International Stadium, Sabtu (18/11/2023) malam WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.