Sukses

Wushu Sumbang Emas Pertama, Perjalanan Indonesia di Asian Games 2023 Masih Sesuai Target

Wushu meraih emas ketiga untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2023 melalui Harris Horatius.

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia kembali menambah medali emas di Asian Games 2023. Pada Selasa 26 September 2023, giliran wushu yang meraih emas perdananya melalui Harris Horatius. Keberhasilan ini membuat Indonesia masih sesuai target di Hangzhou, China.

Dengan emas pertama wushu ini, Indonesia total sudah merebut tiga medali emas. Sebelumnya cabang olahraga menembak yang menyumbangkan dua keping emas. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo yang terus mendampingi atlet Indonesia yang sedang berjuang bertanding di Asian Games 2022 Hangzhou, puas dengan pencapaian sejauh ini. Pasalnya target yang dicanangkan masih mungkin dicapai.

“Saya mengucapkan terima kasih buat PB WI di bawah kepemimpinan Bapak Airlangga Hartarto, khususnya buat Harris Horatius yang sukses menyumbangkan medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou. Ini kontribusi medali emas ketiga bagi Kontingen Indonesia selama Asian Games 2022 Hangzhou," kata Menpora Dito bersama Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Basuki Hadimuljono.

"Kesuksesan Harris ini membantu kita di peringkat 6 besar dan masih sesuai target 10 besar yang diinginkan Presiden Jokowi,” sambungnya.

Menpora asal Partai Golkar itu pun mengucapkan terima kasihnya kepada CdM Basuki Hadimuljono yang telah menjanjikan rumah untuk para peraih medali emas Asian Games 2022 Hangzhou dan menyampaikan pesan-pesan bijaksana terhadap Harris Horatius atas prestasinya menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Merah Putih.

“Yang penting tadi pesan-pesan pak Bas sangat bijaksana. Apalagi, pak Bas tadi sudah menyampaikan mau memberikan rumah atas prestasi yang dicapai,” ujar Menpora Dito.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesan dari CdM Asian Games 2023 Basuki Hadimuljono

“Terimakasih mas Harris yang telah memberikan yang terbaik buat bangsa Indonesia dengan meraih emas di Asian Games 2022 Hangzhou. Pasti atas kerja keras latihan dan kekompakan dengan pelatih. Jangan berhenti berlatih masih muda sekali, Jangan lupa latihannya masih ada event selanjutnya,” kata Basuki Hadimuljono.

“Ya, saya juga mengucapkan terimakasih kepada pak CdM dan juga pak Menpora Dito serta PB WI yang telah memberikan dukungan terhadap persiapan menuju Asian Games 2022 Hangzhou,” timpal Harris Horatius.

3 dari 3 halaman

Perjalanan Harris Rebut Emas Asian Games 2023

Harris lebih dulu turun di nomor Nanquan dan berhasil meraih skor 9,756 poin. Ia mengalahkan wakil Korea Selatan Lee Yongmun yang cuma mendapatkan 9,736 poin serta Chi Lung Lau asal Hong Kongyang menorehkan skor 9,730.

Pada pertandingan di nomor Nangun, Harris yang merupakan peringkat ketiga dunia Men’s Nangun pada 2019 ini kembali mendapatkan poin tertinggi 9,750.

Wakil Macau Junhua Huang menyusul di urutan kedua nomor Nangun dengan capaian 9,740 poin, dibuntuti wakil Korea Selatan Lee Yong Mun yang menorehkan 9,736 poin.

Pencapaian tersebut sekaligus memastikan emas ketiga bagi kontingen Indonesia dari cabor wushu di ajang Asian Games 2022.

Total, Harris berhasil mengumpulkan 19,506 poin, disusul wakil Korea Selatan Lee Yong Mun di urutan kedua dengan raihan 19,472 poin, serta Huang yang memastikan medali perunggu cabor wushu dengan total 19,463 poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini