Sukses

Bertepatan Haornas, Kontingen Indonesia di Asian Games 2023 Punya Seragam Tanding Anyar

Para atlet Indonesia akan memakai desain baru di kostum tanding pada Asian Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Semakin dekatnya Asian Games 2023 membuat kontingen Indonesia semakin serius mempersiapkan diri. Tepat pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2023, jersey dan perlengkapan tanding kontingen Indonesia diumumkan dengan desain teranyar.

Peluncuran jersey dilakukan oleh lima atlet yang akan berlaga di Hangzhou nanti yakni Bagus Saputra (sepeda), Yuda Saputera (Bola Basket), Diananda Chaerunnisa (Panahan), Alan (Esports) dan Angel Gabriella Yus (renang). Acara berlangsung sederhana di kantor NOC Indonesia di Senayan.

Turut hadir dalam peluncuran seragam tanding kontingen Indonesia di Asian Games 2023 antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedho, Chef de Misson Indonesia untuk Asian Games Basuki Hadimuljono, ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari serta perwakilan cabang olahraga.

"Kami sengaja meluncurkan jersey kontingen Indonesia di Asian Games 2023 tepat saat Haornas. Harapannya bisa menggaungkan dan memberikan hasil terbaik di Asian Games Hangzhou," ujar ketua umum NOC Indonesia Raja Sapta.

Jersey kontingen Indonesia di Asian Games 2023 masih buatan Li-Ning. Namun ada perubahan besar pada desainnya. Ada beberapa elemen di kostum para atlet yakni pattern Garuda, lalu palet, serta logo Tim Indonesia.

Pattern Garuda yang tergambarkan mulai dari kepala hingga kepak sayap mencerminkan kemenangan perlambang kemampuan untuk mengatasi tantangan dan mencapai puncak prestasi tertinggi olahraga Indonesia. Arsiran garis turut merefleksikan penerbangan yang anggun serta energi yang ada dalam diri para atlet Tim Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desain Jersey Kontingen Indonesia di Asian Games 2023

Sedangkan palet warna yang dipilih dalam desain ini adalah merah, putih, hitam, dengan sentuhan emas. Merah dan Putih melambangkan bendera Indonesia, sekaligus keberanian dan semangat persatuan dalam kemajemukan. Sementara hitam menjadi simbol kematangan, elegansi, serta kebanggaan atas Indonesia. Sentuhan emas menegaskan komitmen kita pada keunggulan dan kemenangan untuk meraih prestasi tertinggi.

Adapun logo Tim Indonesia adalah makna dari simbol negara, Tim Indonesia ingin menampilkan bahwa burung Garuda merupakan kebanggaan atlet-atlet Indonesia. Ring Olimpiade di bawah Garuda menunjukkan Tim Indonesia akan selalu mengedepankan nilai-nilai Olimpiade, yakni respect, friendship, serta excellence dalam meraih kemenangan.

3 dari 3 halaman

Indonesia Bidik 12 Besar Asian Games 2023

Di Asian Games 2023, Indonesia akan turun di 31 cabang olahraga dengan total 415 atlet. Indonesia menargetkan bisa finis di empat besar. Kostum tanding yang mewah ini diharapkan semakin membakar semangat para atlet di Asian Games 2023.

"Peluncuran jersey baru ini menjadi simbol bahwa persiapan kontingen Indonesia sangat sudah siap untuk membawa hasil terbaik," kata Menpora Dito.

Karena merupakan ajang multievent maka seluruh cabang olahraga akan memain jersey yang sama. Timnas sepak bola juga memakai seragam tanding yang sama dengan cabor lain meski sebenarnya memiliki kontrak dengan apparel Mills.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.