Sukses

Menguntungkan Manchester United Saat Lawan Wolves, 3 Wasit Langsung Diberi Sanksi

Badan yang menugasi wasit di LIga Inggris PGMOL meminta maaf karena 3 wasit tak memberi penalti saat Wolves kalah 0-1 dari Manchester United di Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United berhasil menang tipis 1-0 atas Wolves pada pekan pertama Liga Inggris di stadion Old Trafford, Selasa (15/8/2023). Satu gol dari bek MU Raphael Varane selamatkan 3 poin di depan fans.

Namun duel ini penuh kontroversi. Ini setelah kiper MU Andre Onana tampak menjatuhkan Sasa Kalajdzic di menit akhir injury time babak kedua.

Wasit di lapangan Simon Hooper tak menggubris permintaan penalti dari Wolves. Wasit di ruangan VAR Michael Salisbury pun tak memberikan rekomendasi untuk mengajukan VAR jadi penentu.

Asisten wasit di ruangan VAR Richard West juga tak memberi masukan apa-apa. Maka itu penyelenggara Liga Inggris akan memberikan sanksi untuk ketiga wasit tersebut.

Ketiganya takkan ditugaskan untuk memimpin pertandingan pekan ke-2 Liga Inggris yang berlangsung akhir pekan ini. Salisbury belakangan sempat ingin ajukan VAR tapi dia merasa pelanggarannya tidak jelas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pelatih Wolves Langsung Diberitahu Ofisial soal Kesalahan Wasit

 

Belakangan, pelatih Wolves Gary O'Neil memberi kesaksian soal kesalahan wasit. Dia bahkan mendapatkan masukan dari pengawas wasit dari PGMOL, Jon Moss kalau keputusan wasit salah.

"Saya mendapatkan penjelasan langsung dari wasit kalau kesalahan itu tidak jelas," kata O'Neill seperti dikutip espn.

"Namun setelah bicara dengan Jonathan Moss, dan mendesak dia bicara blak-blakan, dia sudah meminta maaf dan bilang kalau itu jelas penalti yang harusnya diberikan."

 

3 dari 5 halaman

PGMOL Tak Percaya Wasit Lakukan Kesalahan

 

O'Neill juga memaparkan bagaimana dia tak enak hati karena sudah memaksa Jonathan Moss bicara jujur. O'Neill mengaku tak percaya 3 wasit tak mengambil keputusan penalti untuk Wolves.

"Jon jelas-jelas bilang itu kesalahan yang jelas dari Onana. Dia tak percaya wasit di lapangan tidak memberi penalti, VAR juga tak ikut campur," ujarnya.

"Saya jadi tambah tak enak hati. Karena saat Anda merasa benar, Anda langsung merasa buruk lagi karena tak dapat hasil apa-apa dari fakta itu."

4 dari 5 halaman

PGMOL Tindak Wasit Tak Becus

Sejak PGMOL atau asosiasi yang mengatur penugasan wasit dipimpin Howard Webb, banyak kesalahan yang dilakukan ofisial di Liga Inggris. PGMOL pun langsung memberi sanksi kepada wasit agar bisa lebih benar di laga berikutnya.

Ini bukan kali pertama bagi Salibury kena sanksi dari PGMOL. Pada musim lalu, tepatnya pada April, dia juga lakukan kontroversi karena tak membiarkan VAR ikut campur di laga Tottenham Hotspur melawan Brighton.

PGMOL saat itu minta maaf karena Kaoru Mitoma pemain Brighton tak mendapatkan penalti setelah dilanggar Pierre Emile Hojlberg. Dia pun saat itu dibebastugaskan selama 3,5 pekan.

 

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Wolves

  • Wasit