Sukses

AC Milan Singkirkan Napoli dari Liga Champions, Rafael Leao Merasa Mirip Ruud Gullit

AC Milan akhirnya melaju ke semifinal Liga Champions usai menang agregat 2-1 atas Napoli.

Liputan6.com, Jakarta AC Milan semakin dekat dengan trofi Liga Champions. Rossoneri yang mengalami pasang surut di Serie A, sukses melewati adangan Napoli dan melaju ke babak semifinal setelah unggul dengan agregat 2-1.

Memetik kemenangan 1-0 pada leg pertama yang berlangsung di San Siro pekan lalu tidak membuat langkah Milan mudah di markas Napoli. Pada pertemuan kedua yang berlangsung di Stadion Maradona, Rabu (19/4/2023), AC Milansempat dibuat ketar-ketir oleh gempuran para pemain tuan rumah. 

Mental Rossoneri semakin tidak karuan setelah Olivier Giroud gagal mencetak gol dari titik putih penalti pada menit ke-22. Tembakan mantan pemain Arsenal itu masih terbaca oleh penjaga gawang lawan. 

Beruntung, Rafael Leao akhirnya membawa perubahan penting di menit ke-43. Dia berhasil menyisir sisi kanan pertahanan lawan sebelum melepas umpan terukur yang mampu dikonversi Giroud jadi gol.

Meski demikian, keunggulan ini tidak lantas membuat AC Milan tenang. Beruntung, tim lawan yang tampil di depan publik sendiri juga terbilang demam panggung. Seperti halnya AC Milan, Napoli juga gagal memanfaatkan peluang emas dari titik putih penalti pada menit ke-82. Pada kesempatan itu, Khvicha Kvaratskhelia yang ditunjuk sebagai algojo tidak mampu mengubah kedudukan.

Napoli akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Victor Osimhen pada masa injury time. Namun hasil ini tidak menghalangi Milan ke semifinal setelah unggul agregat 2-1. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mirip Aksi Ruud Gullit

Leao sangat antusias menyambut hasil ini. Dia juga terkesan dengan proses terciptanya gol AC Milan. 

"Melihat video (Ruud) Gullit berlari, itu sama," kata Leao semabari tersenyum saat diperlihatkan klip penampilan Ruud Gullit saat memperkuat AC Milan menghadapi Napoli di Sport Mediaset.

“Saya selalu mencoba menghadapi lawan dan berlari ke arah mereka. Saya tahu saya bisa membuat perbedaan seperti itu. Jika saya tidak bisa mencetak gol, saya mencari rekan-rekan saya, jadi saya melewati dua gol, melihat Giroud dan saya tahu dia bisa menyelesaikannya,” beber Leao. 

Di babak semifinal Liga Champions 2022/2023, AC Milan bakal berhadapan dengan Benfica atau Inter Milan. Leao yang akan habis kontrak pada Juni 2024 berharap bisa bermain lebih lama dengan Milan. 

“Saya sangat senang berada di sini, itu yang selalu saya katakan," katanya. 

"Merupakan suatu kehormatan untuk mempertahankan jersey ini. Tidak ada kata-kata untuk orang-orang yang bekerja dengan saya setiap hari untuk menjadi pemain yang lebih baik. Saya melakukannya dengan baik di Serie A musim lalu dan ingin menunjukkan apa yang bisa saya lakukan di Liga Champions juga. Saya berterima kasih kepada pelatih saya dan tim," bebernya. 

 

3 dari 3 halaman

Bertekad Memenangkan Liga Champions

Leao sejak awal memang tampak sangat menikmati laga melawan Napoli. Dia selalu melempar senyuman sejak masih pemanasan. Senyuman itu semakin lebar setelah Giroud mencetak gol. 

"Saya sangat, sangat senang. Saya ingin terus bermimpi, membidik lebih tinggi dan seperti semua pemain di klub ini, kami bermimpi memenangkan Liga Champions. Kami sudah sangat dekat dan akan mencoba sampai akhir," kata pemain asal Portugal itu penuh percaya diri. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini