Sukses

Kompetisi Basket Antar Pelajar SMA Diperluas, Berlangsung di 10 Provinsi

Ke-10 provinsi yang akan menghelat RBBC adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatra Utara, Riau dan Sumatera Selatan.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah sukses di tahun pertama, kompetisi bola basket antar pelajar SMA dan sederajat, Red Bull Basketball Championships (RBBC) akan digelar kembali pada tahun 2023. Kompetisi edisi kedua ini diperluas cakupannya.

RBBC 2023 akan dilangsungkan di 10 provinsi di Indonesia. Jumlah provinsinya ini bertambah empat dari yang cuma enam pada tahun 2022 lalu. Babak grand final rencananya akan digelar di Yogyakarta pada Juni 2023.

Ke-10 provinsi yang akan menghelat RBBC adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatra Utara, Riau dan Sumatera Selatan.

Panitia akan melakukan seleksi ketat untuk peserta dan sekolah. Para pemain harus menunjukkan beberapa dokumen terkait guna menghindari adanya pemain cabutan. Setiap kota nantinya akan dibatasi menjadi 16 tim peserta saja.

“Red Bull Basketball Championships yang sudah memasuki tahun ke-2 ini, merupakan komitmen kerjasama antara Red Bull dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) dan Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), dalam menyediakan wadah bagi pelajar SMA/sederajat untuk berprestasi di bidang non akademik dan menemukan talenta muda potensial untuk tim nasional Indonesia," ujar Ricky Suhendar selaku Chief Marketing Officer PT. Asia Health Energi Beverages.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenpora

Pada saat Grand Final nanti, masing-masing pemenang yang mewakili regional mereka akan bertanding di Grand Final memperebutkan Piala Bergilir RBBC dari Kemenpora RI yang mana logo sekolah tersebut akan diukir pada piala tersebut. Harapannya, ini bisa menjadi semangat juang bagi para wakil regional yang bertanding di Grand Final nanti.

“Kemenpora RI mendukung RBBC 2023 karena kami melihat kegiatan seperti ini bisa menjadi sarana pencarian bakat maupun sarana untuk pengembangan industri olahraga. Kita ketahui bersama bahwa cabang olahraga Bola Basket ini merupakan salah satu cabang olahraga prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yakni dalam konteks pengembangan industri olahraga tanah air. Kegiatan RBBC 2023 seperti ini juga menjadi motivasi untuk menumbuhkan semangat olahraga di kalangan pelajar. Tidak hanya itu, kami percaya kompetisi seperti ini juga memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter anak bangsa," kata Raden Isnanta selaku Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.