Sukses

MU Sudah Dapat Pemilik Baru, Biaya Pembelian Tembus Rp 74 Triliun

MU akan segera punya pemilik baru. Namun biaya pembelian jauh di bawah permintaan awal keluarga Glazers.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United dilaporkan tidak lama laga akan mengumumkan secara resmi pemilik baru pengganti keluarga Glazer. Negosiasi pembelian saham mayoritas MU sudah dalam tahap lebih lanjut.

Seperti diketaui keluarga Glazer telah mengumumkan pada November 2023 siap menjual MU. Mereka sudah tidak lagi berniat mempertahankan saham mayoritas Setan Merah setelah terus menerus didemo oleh fans.

Namun proses penjualan cukup berliku. Pasalnya keluarga Glazer menginginkan keuntungan besar. Mereka dikabarkan berharap bisa meraup enam sampai sembilan miliar pooundsterling dari penjualan MU.

Cukup banyak pihak yang tertarik membeli MU meski prestasi klub tak begitu bagus dalam beberapa musim terakhir. Peminatnya datang dari Amerika Serikat, Inggris, Spanyol hingga Timur Tengah.

Menjelang akhir Januari 2023, calon pemilik baru MU nampaknya sudah ditemukan. Konglomerat Inggris Sir Jim Ratcliffe yang difavoritkan bakal menggantikan keluarga Glazer.

TMW pada Jumat (27/1/2023) melaporkan orang terkaya di Inggris Raya itu sekarang ini sudah sangat dekat mencapai kesepakatan dengan keluarga Glazer soal pembelian saham mayorias Manchester United.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biaya

Biaya pembelian akan segera diselesaikan. Sir Jim Ratcliffe diklaim akan mengeluarkan dana empat miliar pounds atau sekitar Rp 74 Triliun. Nilai pembelian MU ini jauh dari permintaan awal keluarga Glazer.

Kondisi keuangan global yang sedang sulit dan dihantui resesi membuat keluarga Glazer sulit menemukan pembeli yang mau membayar sesuai keinginan mereka senilai 6-9 miliar pounds.

Juru bicara resmi Sir Jim Ratcliffe memang sudah mengkonfirmasikan tertarik untuk membeli MU sejak bulan lalu melalui perusahaannya INEOS.

3 dari 4 halaman

Dukungan Legenda Klub

Legenda MU Gary Neville sebelumnya juga mendukung Sir Jim Ratcliffe menjadi pemilik baru Setan Merah berikutnya. Neville menilai Ratcliffe merupakan sosok paling tepat untuk Setan Merah karena beberapa faktor kedekatan.

“Hal utama adalah Glazers pergi secepat mungkin dan hal kedua adalah siapa pun yang mengambil alih, jika mereka bisa menyerahkannya kepada orang-orang yang berada di tangan yang baik dan memiliki perasaan terhadap klub, itu akan bagus." kata Gary Neville kepada Sky Sports.

“Jim Ratcliffe lahir di Manchester dan mengenal daerah tersebut. Jika dia memenangkannya, saya pikir akan ada banyak fans Manchester United yang sangat bahagia. Dia ingin melakukan hal yang benar dengan klub - sebenarnya saya yakin dia akan melakukannya."

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.