Sukses

Besiktas Ajukan Dua Syarat Sebelum Lepas Wout Weghorst ke MU

Besiktas meminta dua syarat sebelum pihaknya melepas Wout Weghorst untuk dipinjamkan ke MU. Klub asal Turki ingin lebih dulu mendapat pengganti serta menerima bayaran sebagai kompensasi mengakhiri kontrak lebih awal.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) berambisi mendatangkan striker anyar di bursa transfer Januari. Klub besutan Erik ten Hag memang butuh amunisi tambahan untuk menambal skuadnya yang baru saja ditinggal Cristiano Ronaldo.

Nama Wout Weghorst pun ramai dikabarkan bakal menjadi rekrutan kedua Setan Merah, setelah memboyong Jack Butland dengan status pinjaman sebagai ganti Martin Dubravka yang dipulangkan lebih awal oleh Newcastle United.

Menurut kabar yang beredar, Weghorst ditargetkan memperkuat Red Devils selama sisa musim ini. Sang pemain sendiri pun setuju pindah ke Old Trafford. Ia bahkan sudah menyampaikan salam perpisahan kepada suporter Besiktas, klub yang ia bela saat ini.

Sekadar informasi, penggawa berkebangsaan Belanda sejatinya juga tak menyandang status permanen di Turki. Burnley–tim asli yang menaunginya–memilih untuk meminjamkan Weghorst ke Besiktas sejak musim panas lalu.

The Clarets tak keberatan jika Setan Merah ingin gantian menyewa jasanya. Laporan mengeklaim kedua pihak telah sepakat soal peminjaman Weghorst.

Walau begitu, bukan berarti MU langsung bisa melangkah tanpa hambatan. Raksasa Liga Inggris lebih dulu harus meyakinkan Besiktas. Agen sang pemain, Simon Cziommer, pun mencoba turun tangan mengatasi hal ini.

Cziommer dilaporkan pergi menemui Direktur Olahraga Ceyhun Kazanci pada Senin (9/1/2023). TRT Spor mengeklaim perwakilan Weghorst menghabiskan waktu kurang lebih satu jam di fasilitas pelatihan klub.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengkomunikasikan keinginan kliennya untuk hijrah dari Turki bulan ini. Namun, Kazanci dengan tegas mengajukan syarat sebelum membiarkan Setan Merah membajak pesepak bola berusia 30 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syarat Besiktas

Menurut Metro, terdapat setidaknya dua syarat yang dituntut Besiktas agar Weghorst diizinkan pergi ke Old Trafford pada bursa transfer Januari. Yang pertama, klub asal Turki hanya bakal melepas sang pemain jika mereka berhasil mendapat pengganti.

Usut punya usut, Vincent Aboubakar merupakan sosok yang diincar Besiktas saat ini. Penggawa internasional Kamerun itu harusnya tersedia untuk direkrut, mengingat kontraknya baru saja diputus oleh Al-Nassr sebagai buntut kedatangan Cristiano Ronaldo.

Adapun syarat kedua menyangkut biaya. Besiktas berharap menerima bayaran dari pihak yang terkait dengan transfer Weghorst. Hal ini menjadi semacam kompensasi bagi mereka untuk mengakhiri masa pinjaman Weghorst lebih awal.

3 dari 4 halaman

Pernyataan Besiktas

Besiktas, melalui Kazanci, sebelumnya memang telah mengeluarkan pernyataan terkait peminjaman Weghorst. Ia menegaskan bahwa klub lain tak bisa begitu saja memboyong sang pemain, meski sudah berdiskusi dengan Burnley.

“Jika Manchester United atau tim lain menginginkan Weghorst, mereka akan bertemu dengan Burnley. Kemudian Burnley akan menghubungi kami dan mendiskusikan persyaratan untuk berpisah,” ujar Kazanci, seperti dilansir dari Metro.

“Apabila kami menerima hal itu, kontraknya akan diakhiri. Namun jika tidak, (kesepakatan) itu bakal berlanjut hingga akhir musim. Dia (Weghorst) tidak bisa pergi begitu saja,” pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.