Sukses

Pesan Patah Hati Benzema dan Opsi Penggantinya di Piala Dunia 2022

Benzema berikan pesan mengharukan usai divonis gagal main di Piala Dunia Qatar.

Liputan6.com, Jakarta- Piala Dunia 2022 dipastikan akan minus pemain terbaik dunia saat ini yaitu Karim Benzema. Penyerang Timnas Prancis itu mengalami cedera di detik-detik akhir jelang turnamen.

Piala Dunia Qatar akan mulai bergulir pada hari ini, 20 November 2022 hingga 18 Desember 2022 mendatang. Nasib bagi Benzema dirinya dipastikan tak bisa pulih sepanjang turnamen.

Benzema sendiri adalah pemain yang tengah tampil luar biasa bersama Real Madrid hingga dianugerahi trofi Ballon d'Or, usai sukses membawa Los Blancos kampiun Liga Champions dan LaLiga.

Musim ini, Benzema sukses mencetak lima gol dalam tujuh pertandingan bersama Madrid di LaLiga. Sudah pasti, pemain 34 tahun ini bakal menjadi andalan Les Bleus di Piala Dunia kali ini.

Tapi nasib berkata lain. Benzema mengalami cedera pada paha kirinya ketika berlatih bersama pemain Prancis lainnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, Benzema diharuskan menjalani pemulihan setidaknya selama tiga pekan. Tak mungkin bagi dirinya bisa berpartisipasi di Piala Dunia kali ini.

Benzema pun harus rela melepaskan satu slot posisinya di Timnas Prancis, dan tergusur oleh nama lain.

Tentu sangat berat bagi Benzema, apalagi bisa saja ini Piala Dunia terakhirnya. Tetapi ia paham kalau ini adalah keputusan terbaik bagi Prancis.

"Saya tak pernah menyerah dalam hidup tapi malam ini saya harus lebih memikirkan kepentingan tim, seperti yang saya lakukan selama ini," tulis Benzema di akun Instagram-nya.

"Karena alasan itu, saya akan meninggalkan posisi saya untuk orang lain yang bisa membantu tim kami menjalani Piala Dunia yang luar biasa. Terima kasih atas pesan dukungan kalian. #AllezLesBleus" tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tambah Daftar Panjang Cedera Prancis

Absennnya Benzema tidak hanya jadi kabar buruk buat sang pemain, tapi juga tim pelatih Timnas Prancis pimpinan Didier Deschamps. Sudah pasti kualitas bomber Real Madrid itu amat dibutuhkan.

Deschamps mengaku sangat sedih dan kecewa setelah mengetahui Benzema tidak bisa tampil di Piala Dunia 2022.

"Saya sangat sedih untuk Karim yang menjadikan Piala Dunia ini sebagai tujuan utamanya," tutur Deschamps pada situs resmi Timnas Prancis.

Memang kondisi Prancis jelang Piala Dunia Qatar amat tidak mudah. Sejumlah pemain andalan mereka sudah cedera lebih dulu, seperti N'golo Kante, Paul Pogba, Mike Maignan, Presnel Kimpembe, hingga Christopher Nkunku.

Dengan masuknya nama Benzema yang memperpanjang daftar pemain cedera itu tentu membuat Deschamps harus makin putar otak demi bisa mempertahankan gelar juara.

"Terlepas dari pukulan baru bagi tim Prancis ini, saya memiliki kepercayaan penuh pada tim saya. Kami akan melakukan segalanya untuk menghadapi tantangan besar yang menanti kami," tutur Deschamps.

3 dari 5 halaman

Opsi Pengganti Benzema

Deschamps pun kini punya waktu hingga hari Senin, 21 November 2022, untuk mencari pemain pengganti Benzema yang telah berhasil menyumbang 37 gol dalam 97 pertandingan untuk Prancis.

Sebelumnya, Deschamps sudah membuat keputusan rumit dengan memasukkan pemain Eintracht Frankfurt, Randal Kolo Muani, sebagai pengganti Christopher Nkunku.

Kali ini, pelatih 54 tahun itu kembali harus melihat daftar pemain Prancis yang punya kualitas sebanding dengan Benzema.

Opsi potensial adalah penyerang Manchester United, Anthony Martial. Selain itu, nama Wissam Ben Yedder (AS Monaco) dan Moussa Diaby (Bayer Leverkusen) juga dinilai punya peluang.

Musim ini, Martial total telah bermain lima pertandingan di Premier League dengan sumbangan 2 gol plus 2 assists.

Sedangkan Diaby juga punya statistik menawan, mencetak 6 gol dan 3 assists dalam 15 laga Bundesliga. Begitu juga Ben Yedder, total 6 gol dan 2 assists dalam 13 pertandingan Ligue 1.

Kita nantikan saja, siapa pemain yang dinilai cocok untuk menggantikan peran Benzema di lini depan Prancis.

4 dari 5 halaman

Giroud Masuk Tim Utama?

Dengan absennya Benzema, praktis Prancis kini hanya punya Kylian Mbappe dan Olivier Giroud sebagai motor permainan di lini depan.

Giroud yang sebelumnya diplot sebagai pelapis Benzema pun punya peluang untuk didorong sebagai bomber utama Les Bleus di Qatar nanti.

Secara statistik, Giroud telah berhasil mencetak sembilan gol dan sumbangkan lima assists dalam 19 pertandingan di Serie A dan Liga Champions musim ini.

Statistiknya bersama Timnas Prancis pun cukup menawan: Total 49 gol dalam 114 pertandingan. Karena itu, jangan heran kalau bomber AC Milan ini bakal jadi andalan ujung tombak Prancis.

Berbicara pada FIFA.com beberapa hari sebelum cedera Benzema, Giroud menyatakan sangat menyayangkan kalau Prancis harus kehilangan pemain penting seperti Pogba, Kante hingga Kimpembe.

Tapi menurutnya masih banyak pemain muda lain yang bisa muncul sebagai pemimpin baru dalam tim Prancis.

"Saya yakin akan ada pemimpin muda yang bakal muncul. Saya juga akan menjalankan peran saya sebagai kakak kepada pemain muda, selalu ada untuk mereka, dan bicara saat dibutuhkan," ujar Giroud.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Prancis di Piala Dunia 2022

Pada Piala Dunia Qatar ini, Prancis tergabung dalam Grup D yang diisi oleh negara yang tengah tampil bagus di regional mereka masing-masing.

Pertandingan pertama Prancis akan menghadapi jagoan Asia/Oseania yaitu Australia pada 23 November 2022 dini hari pukul 02.00 WIB di Stadion Al-Janoub.

Setelah itu, Prancis akan menghadapi tim dinamit, Denmark, yang tengah tampil menjanjikan selama 2022 ini. Prancis vs Denmark akan berlangsung 26 November 2022 pukul 23.00 WIB di Stadion 974.

Pada partai pamungkas fase grup, Prancis akan menghadapi negara mantan koloninya yang juga finalis Arab Cup 2021, Tunisia, pada 30 November 2022 pukul 22.00 WIB di Stadion Education City.

Jadwal Timnas Prancis di Piala Dunia 2022:

23 November 2022: Prancis vs Australia - 02.00 dini hari WIB

26 November 2022: Prancis vs Denmark - 23.00 WIB

30 November 2022: Tunisia vs Prancis - 22.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.