Sukses

Sejumlah Pemain Bintang Bakal Absen di Piala Dunia 2022

Alasan absennya para pemain bintang ini antara lain karena cedera, tidak masuk daftar skuad atau negara mereka gagal lolos ke kompetisi bergengsi.

Liputan6.com, Jakarta Bagi ratusan pemain sepak bola, panggung dunia menanti saat mereka berangkat ke Qatar untuk bersaing memperebutkan kehormatan terbesar dalam olahraga tersebut.

Piala Dunia 2022 mungkin disesali banyak pihak. Mantan presiden FIFA Sepp Blatter bahkan mengakui bahwa dia seharusnya tidak pernah menyerahkan tugas tuan rumah ke negara Timur Tengah. Meski demikian, untuk beberapa pemain bintang, event ini akan menjadi puncak karir mereka.

Sayang, tidak semua pemain top bisa tampil pada Piala Dunia 2022 mendatang.  Turnamen empat tahunan ini akan kehilangan beberapa pemain besar yang main dii liga-liga Eropa setiap pekannya. 

Beberapa akan absen hanya karena negara yang mereka wakili tidak lolos kualifikasi selama dua tahun terakhir. Talenta lain telah menerima kabar memilukan dalam beberapa hari terakhir:  mereka tidak masuk dalam skuad timnas. Sementara sebagian lagi, mundur karena alasan cedera.

Berikut daftar yang tidak akan Anda tonton di Piala Dunia 2022:

Mohamed Salah

Dia mungkin menjadi nominasi reguler Ballon d'Or - penghargaan tahunan untuk pemain terhebat di liga Eropa - tetapi pemain bintang Liverpool akan berada di rumah menyaksikan rekan-rekannya dan mantan rekan berjuang untuk negara mereka.

Mesir melakoni putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia dengan head-to-head melawan Senegal. Namun sayangnya untuk Salah, mantan rekan setimnya Sadio Mane mencetak gol penentu bagi tim Afrika barat itu selama adu penalti untuk membawa mereka lolos setelah dua leg berakhir imbang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Erling Haaland

Bintang Manchester City itu telah bersinar di Liga Premier sejak kedatangannya di musim panas dari Borussia Dortmund, tetapi dia juga hanya akan dapat menonton ketika yang lain berjuang untuk final 18 Desember.

Haaland, 22 tahun, berasal dari Norwegia, negara Skandinavia itu berada di urutan ketiga dalam grup kualifikasinya, tertinggal tiga poin untuk mencapai babak play-off.

Belanda secara otomatis lolos dengan berada di puncak grup, dengan Turki mengambil tempat kedua play-off, meninggalkan Haaland dan Norwegia menyesali apa yang bisa terjadi.

Paul Pogba

Mantan gelandang Manchester United itu mengangkat Piala Dunia bersama Prancis empat tahun lalu, tetapi dia tidak akan ambil bagian dalam pertandingan 2022 untuk Prancis di Qatar.

Pogba mengalami cedera lutut di pra-musim dan menjalani operasi pada bulan September untuk memperbaiki kerusakan.

Pemain berusia 29 tahun itu kembali berlatih tetapi, pada 31 Oktober, agennya mengatakan gelandang itu tidak akan kembali beraksi untuk Juventus atau juara bertahan pada waktunya untuk Piala Dunia.

Pemain Chelsea N'Golo Kante, pemain kunci lain untuk tim penghancur dunia Prancis pada 2018, juga absen karena cedera.

3 dari 5 halaman

Roberto Firmino

Brasil yang memiliki kekayaan berlimpah di lini depan membuat layanan striker Firmino tidak diburuhkan, dan secara otomatis tidak dipanggil untuk tim Amerika Selatan.

Pemain berusia 31 tahun itu mungkin telah mencetak delapan gol musim ini di semua kompetisi untuk Liverpool, tetapi pelatih kepala Brasil Tite tidak dapat menemukan tempat untuk penyerang Liga Premier dalam daftar 26 pemainnya.

Kegagalannya untuk mendapatkan posisi bisa berarti dia hanya akan menonton Piala Dunia di sofa yang sama dengan rekan setimnya di markas The Reds, Salah.

Mereka dapat menjadikannya acara nobar penyerang Liverpool, dengan sesama pemain depan Anfield Diogo Jota juga dikonfirmasi sedang dirawat karena cedera yang akan membuatnya absen dari skuad Portugal.

Reece James 

Cedera lutut membuat full-back Chelsea berkeringat karena kebugarannya tepat waktu untuk Piala Dunia, tetapi dia mengkonfirmasi di media sosial bahwa turnamen itu akan datang terlalu cepat untuknya.

Dia dan sesama bek klub Ben Chilwell tidak akan berada di pesawat bersama tim Inggris menuju Qatar.

Chilwell mengalami cedera parah dalam kemenangan The Blues di Liga Champions atas Dinamo Zagreb awal bulan ini, membuatnya absen dari rencana Gareth Southgate.

 

4 dari 5 halaman

Giovani Lo Celso

Argentina tahu itu adalah kesempatan terakhir bagi mereka untuk memenangkan Piala Dunia dengan Messi - mungkin pemain terhebat dari generasinya - di sampingnya.

Pemain Totenham Hotspurs Lo Celso berpengaruh di lini tengah ketika Albicelestes merebut gelar Coppa America pada 2021.

Namun, pemain berusia 26 tahun, yang saat ini dipinjamkan ke klub Spanyol Villarreal, dilaporkan absen sama sekali setelah menderita cedera hamstring yang kemungkinan memerlukan operasi.

Timo Werner 

Lini depan Jerman bisa terasa sedikit ringan di Qatar setelah Timo Werner merasakan ketegangan yang berarti dia tidak akan berada di sisi Hansi Flick.

Mantan pemain Chelsea itu harus diganti minggu lalu saat pertandingan untuk klubnya RB Leipzig. Sehari kemudian dipastikan dia akan absen di Piala Dunia karena cedera tersebut.

 

5 dari 5 halaman

Georginio Wijnaldum

Mantan pemain Liverpool dan pemenang Liga Champions ini biasanya menjadi pemain kunci bagi Belanda. 

Tapi cedera serius dialami pemain pinjaman Roma, tidak lama setelah bergabung dari PSG di musim panas, berarti dia tidak akan tampil di skuad negara Eropa.

Pemain besar lainnya yang ingin membuktikan kebugaran mereka tepat waktu untuk Piala Dunia termasuk striker Belgia Romelu Lukaku, dan pemain Senegal Sadio Mane – yang melukai dirinya sendiri 20 menit dalam pertandingan Bayern Munchen baru-baru ini. 

Namun, untungnya bagi Senegal, Mane tampaknya akan baik-baik saja meski tertatih-tatih di Allianz Arena. Asisten pelatih Bayern Munchen Dino Toppmoller telah mengkonfirmasi bahwa Sadio Mane diperkirakan akan fit untuk Piala Dunia 2022 Qatar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.