Sukses

Prediksi 26 Pemain Belanda Pilihan van Gaal di Piala Dunia 2022, Bagaimana Peluang Bek Keturunan Indonesia?

Belanda tampil solid sejak dikendalikan oleh Louis van Gaal yang kembali membesut De Oranje sejak Agustu 2021.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Tim Nasional Belanda, Louis van Gaal, sudah merilis daftar 39 pemain dalam skuat sementara De Oranje untuk menghadapi Piala Dunia 2022 di Qatar.

Tidak ada nama Georginio Wijnaldum yang harus melupakan Piala Dunia kali ini karena harus menjalani pemulihan pasca operasi cedera patah tulang kering.

Dari 39 nama dalam daftar skuat sementara Belanda, ada nama bek keturunan Indonesia yang membela Leeds United, Pascal Struijk.

Nantinya, van Gaal harus memilih 26 pemain untuk skuat akhir Belanda yang dibawa ke Piala Dunia 2022. Artinya ada 13 pemain yang dicoret.

Di posisi penjaga gawang Van Gaal telah memilih lima pemain dalam skuat sementaranya. Jasper Cillessen diprediksi akan jadi pilihan utama seperti saat van Gaal memimpin De Oranje di Piala Dunia 2014. Kiper NEC Nijmegen itu adalah satu-satunya dari lima penjaga gawang Belanda yang berpengalaman main di Piala Dunia.

Sementara Remko Pasveer adalah penjaga gawang dalam dua laga internasional terakhir Belanda dan kiper nomor satu Ajax itu, juga seharusnya berada di pesawat menuju Qatar.

Tempat terakhir akan diperebutkan Justin Bijlow dari Feyenoord, Mark Flekken dari Freiburg atau Andries Noppert dari Heerenveen. Bijlow akan menjadi nomor satu, jika dia tidak cedera musim lalu dan van Gaal sepertinya akan memberinya tiket perjalanan ke Qatar.

Terpilih: Jasper Cillessen, Remko Pasveer, Justin Bijlow

Dicoret: Mark Flekken dan Andries Noppert

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peluang Bek Keturunan Indonesia

Di lini belakang, Belanda saat ini memiliki barisan bek top, suatu kondisi yang sebelumnya jarang dimiliki De Oranje dalam setiap gelaran turnamen besar. Terutama di posisi bek tengah, Belanda punya banyak opsi.

Virgil van Dijk, Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, dan Nathan Ake adalah bek-bek impian banyak klub dengan kualitas individual yang mereka miliki.

Selain empat nama tersebut, Belanda memiliki bek tengah potensial Jurrien Timber dan Micky van de Ven.

Sementara bek keturunan Indonesia, Pascal Struijk yang biasa bermain di posisi bek sayap, mesti bersaing dengan Daley Blind dan Tyrell Malacia di sisi kiri pertahanan.

Melihat pengalamannya bersama Leeds United, Pascal Struijk, yang rutin dimainkan, bukan tak mungkin menyingkirikan Malacia yang lebih difavoritkan karena jarang diturunkan Erik ten Hag di Manchester United.

Sedangkan di posis bek kanan Denzel Dumfries yang tampil moncer bersama Inter Milan dan pemain muda Bayer Leverkusen, Jeremie Frimpong lebih difavoritkan ketimbang Devyne Rensch.

Terpilih: Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, Jurrien Timber, Nathan Ake, Virgil van Dijk, Sven Botman, Denzel Dumfries, Jeremie Frimpong, Daley Blind, Pascal Struijk

Dicoret: Devyne Rensch, Tyrell Malacia, Mitchell Bakker, Micky van de Ven

 

3 dari 5 halaman

Mencari Pendamping Frenkie de Jong

Bintang Barcelona Frenkie de Jong adalah sosok utama untuk Belanda di lini tengah dan pertanyaan besarnya adalah siapa yang akan menjadi pendampingnya, juga siapa yang akan bermain di posisi nomor 10.

Duo Atalanta Marten de Roon dan Teun Koopmeiners akan berada di sana jika fit. Tetapi de Roon belakangan harus menjalani pemulihan karena mengalami cedera hamstring yang bisa membuatnya absen.

Duo Ajax Steven Berghuis dan Davy Klaassen juga berpeluang besar mendapat tempat jika mereka tetap fit, sementara rekan setimnya Kenneth Taylor juga bisa melakukannya jika dia terus tampil mengesankan bersama Ajax Amsterdam.

Itu berarti Guus Til dari PSV, Jordy Clasie dari AZ Alkmaar, dan Ryan Gravenberch dari Bayern Munchen bisa tercoret. Tetapi nasib mereka bisa berubah, tergantung pada cedera De Roon.

Terpilih: Frenkie de Jong, Marten de Roon, Teun Koopmeiners, Davy Klaassen, Kenneth Taylor, Steven Berghuis

Dicoret: Guus Til, Jordy Clasie, Ryan Gravenberch

 

4 dari 5 halaman

Andalkan Memphis Depay

Di depan, Belanda akan mengandalkan Memphis Depay dalam melakukan serangan dengan kemampuannya yang tidak diragukan lagi. Itu jika penyerang Barcelona bisa kembali dari cedera tepat waktu.

Steven Bergwijn telah dalam performa yang sangat baik untuk Belanda baru-baru ini dan sulit membayangkan pemain Ajax tersebut, tidak akan berada di skuat, bersama dengan Cody Gakpo dari PSV dan Vincent Janssen, yang dalam performa bagus untuk Royal Antwerp.

Sementara untuk penyerang tengah, Luuk de Jong kembali fit untuk PSV dan pengalamannya mungkin akan membuatnya mengalahkan Wout Weghorst, yang bermain di Turki bersama Besiktas.

Donyell Malen dan Noa Lang musim ini tidak bermain reguler di klubnya masing-masing dan mereka bisa absen karena Arnaut Danjuma sudah kembali dari cedera. Bintang Villarreal menawarkan kecepatan serangan dan dia bisa membuat pilihan bagus dari bangku cadangan.

Kemudian menarik ditunggu siapa pemain 'wild card' pilihan Van Gaal. Ada Xavi Simons dari PSV, yang tampil brilian bersama PSV dan juga Brian Brobbey, striker Ajax yang mengandalkan kekuatan fisiknya dan menunjukkan performa bagus.

Tetapi Xavi Simons menawarkan sesuatu yang berbeda karena dia juga bisa bermain di beberapa posisi, termasuk berdiri di posisi nomor 10.

Terpilih: Memphis Depay, Steven Bergwijn, Cody Gakpo, Vincent Janssen, Luuk de Jong, Xavi Simons, Arnaut Danjuma

Dicoret: Donyell Malen, Wout Weghorst, Noa Lang, Brian Brobbey

 

5 dari 5 halaman

Tak Terkalahkan di Tangan Louis van Gaal

Sejak ditangani kembali ditangani van Gaal pada, Belanda tampil moncer dan tak terkalahkan di semua ajang.

Van Gaal menandai comeback-nya bersama Timnas Belanda melawan Norwegia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di Kota Oslo.

Hasilnya tidak terlalu baik, karena Belanda susah payah mengamankan 1 poin setelah bermain imbang 1-1 melawan Norwegia.

Tetapi setelah itu, keadaan menjadi lebih baik bagi Belanda. Louis van Gaal membuat Belanda menjadi tim yang kompetitif dengan dukungan sumber daya pemain yang mumpuni.

Turki mereka lumat dengan skor telak 6-1 di Amsterdam, yang menjadikan Cengiz Under dan kolega seperti negara terlemah di grup. Belanda tak terbendung dan akhirnya lolos sebagai juara grup.

Bukti lain, Belgia mereka hajar 1-4 di Brussel, dan 1-0 di Amsterdam dalam ajang UEFA Nations League 2022-2023 yang mengantarkan Belanda ke semifinal dan berpeluang memainkan final four di kandang sendiri.

Sementara Jerman cukup beruntung terhindar dari kekalahan dalam laga persahabatan, tidak seperti Denmark yang dihajar beberapa hari sebelumnya.

Menarik ditunggu seperti apa kiprah Belanda di Piala Dunia 2022 Qatar dengan kualitas permainanannya yang cukup solid di tangan Louis van Gaal.

Meski bukan favorit utama, tetapi Belanda bisa mengejutkan untuk merebut trofi pertamanya dengan mengubur ambisi negara-negara berpengalaman juara yang lebih diunggulkan seperti Brasil, Argentina, Inggris, Jerman, Spanyol dan juga juara bertahan Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.