Sukses

Erik ten Hag Kecam Performa MU Usai Kalah Telak dari Brentford

Liputan6.com, Manchester- Juru taktik Manchester United (MU) Erik ten Hag mengecam penampilan skuadnya usai kalah telak dari Brentford dalam laga pekan kedua Liga Inggris 2022/2023 yang berlangsung di Gtech Community Stadium pada Sabtu (14/8/2022).

Kekalahan ini menjadi pukulan besar bagi manajer asal Belanda. Pasalnya, eks pelatih Ajax Amsterdam sebelumnya juga gagal mengantar anak-anak asuhnya menang atas Brighton & Hove Albion di matchday perdana.

Ten Hag mau tak mau harus minta maaf kepada para penggemar Setan Merah. Apalagi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kebobolan empat gol oleh The Bees ketika pertandingan baru berjalan selama 35 menit.

Melansir laporan Metro, pelatih anyar MU memandang rendah penampilan Setan Merah di laga tersebut. Ia bahkan menyebut performa Red Devils sebagai ‘sampah’. Menurutnya, MU seharusnya bisa tampil lebih baik dari itu.

“Ini sudah jelas, (penampilan MU) sampah, sangat buruk. Kami butuh standar yang lebih tinggi dari itu, dan hal ini sudah jelas. Saya bisa menyebutkan beberapa hal, tetapi itu akan terlihat seperti alasan,” ujar Ten Hag pasca kekalahan Setan Merah dari Brentford.

“Kami harus berubah, sudah jelas bahwa kami harus memulai dengan lebih baik di kedua pertandingan. Kami harusnya tetap berpegang pada rencana kami sejak awal. Itulah yang tidak kami lakukan,” sambung pelatih berkepala plontos.

Lebih lanjut, Ten Hag menuturkan dirinya tak melarang para pemain melakukan kesalahan. Akan tetapi, ia berharap kesalahan itu tak berulang untuk kedua atau ketiga kalinya.

“Anda memulai pertandingan dan membuat kesalahan pribadi. Satu kesalahan boleh terjadi, tetapi (kesalahan) kedua atau ketiga tidak dapat diterima,” katanya lagi

“Pemain harus mengetahui hal itu. Tekanan selalu ada di sana, dan saya tahu bahwa saya harus menganalisis hal ini serta mencari solusi. Itu tugas saya,” pungkas mantan juru taktik Utrecht.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pemilihan Pemain

Tak hanya datang dari dalam klub, cecaran terhadap penampilan MU juga datang dari legenda Setan Merah Gary Neville. Ia heran dengan pemilihan pemain yang dilakukan Erik ten Hag. Salah satunya penempatan Lisandro Martinez.

Pemain asal Argentina itu memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi. Namun, secara mengejutkan Martinez dibiarkan bermain di posisi bek tengah.

“Benar-benar terkejut (dengan cara) Erik ten Hag. Kalau Anda tanya pada saya apakah Brentford bakal mencetak gol lewat bola mati, saya akan bilang ya. Saya yakin mereka akan melakukannya,” ujar Neville seperti dikutip dari Metro.

“Hasil (kekalahan) ini tidak mengejutkan. Martinez yang berpostur 175 cm melawan Ben Mee? Tidak ada peluang. Anda harus menyesuaikan diri dengan aspek fisik di Liga Inggris, dan MU tak melakukan itu,” katanya lagi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

Turun dengan formasi 4-3-3, Erik ten Hag menempatkan Cristiano Ronaldo sebagai starter di lini depan. Sayangnya, upaya tersebut tak lantas membuat MU moncer dalam hal mencetak gol.

Setan Merah justru kebobolan cepat lewat Josh Dasilva. Tembakannya pada menit ke-10 gagal diamankan oleh kiper andalan David de Gea. Kesalahan kembali terjadi saat gol kedua. Umpan pendek De Gea kepada Eriksen di area pertahanan berhasil diserobot oleh Jensen.

Akibatnya, gol kedua bagi kubu The Bees tercipta pada menit ke-18. Angka ketiga didapat karena situasi Lisandro Martinez yang kalah saing dari Ben Mee. Dengan memanfaatkan umpan tendangan sudut, Mee tak kesulitan menyundul bola ke gawang MU.

Dominasi Brentford makin kuat di menit ke-35. Penggawanya Bryan Mbeumo menjebol jaring Manchester United usai memanfaatkan serangan balik yang cepat. Kekalahan tersebut membuat MU makin terpuruk di klasemen sementara Liga Inggris.

4 dari 4 halaman

Butuh Pemain Baru

Di tengah buruknya situasi musim ini, Erik ten Hag masih butuh tambahan pemain baru. Sayangnya, Manchester United sejauh ini belum mampu mendapatkan rekrutan anyar. Pergerakannya di bursa transfer tersendat setelah tiga pembelian.

Seperti diketahui, Setan Merah sudah memboyong Lisandro Martinez, Christian Eriksen, dan Tyrell Malacia ke Old Trafford. Akan tetapi trio pemain tersebut masih menjadi sorotan lantaran belum menunjukkan performa menjanjikan di Liga Inggris.

Jelang ditutupnya bursa transfer pada akhir bulan ini, Erik Ten Hag masih optimistis pihaknya bisa mendatangkan pemain baru. Bahkan, Frenkie de Jong yang nyaris mustahil didatangkan, masih saja diimpikan oleh Ten Hag.

"Kami harus punya pemain yang lebih baik. Saya yakin kami bakal mendapatkannya. Saya pikir kami sudah bekerja sama dengan baik bersama klub. Saya tak bisa menyebutkan nama pemain yang masih terikat kontrak dengan klub lain,” katanya, dilansir dari ESPN.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS