Sukses

32 Negara yang Lolos Piala Dunia 2022: Asia Cetak Sejarah

Sebanyak 32 tim sudah memastikan diri lolos Piala Dunia 2022 Qatar. Asia mencetak sejarah dengan mengirimkan enam wakil sekaligus ke ajang empat tahunan tersebut. Biasanya, rekor tim Asia terbanyak di Piala Dunia hanya lima tim pada 2018.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 32 tim sudah memastikan diri lolos Piala Dunia 2022 Qatar yang berlangsung pada 21 November hingga 18 Desemeber mendatang.

Kosta Rika menjadi tim terakhir yang lolos ke Piala Dunia 2022. Itu didapat setelah mengalahkan Selandia Baru dengan skor 1-0 dalam playoff antarzona di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, (15/6/2022).

Satu-satunya gol yang tercipta pada laga ini dicetak oleh Joel Campbell pada menit ketiga. Gol tersebut juga mengantar Kosta Rika lolos ke putaran final untuk keenam kalinya atau yang ketiga secara beruntun.

Piala Dunia 2022 merupakan edisi yang ke-22 setelah pertama bergulir pada 1930 di Uruguay. Piala Dunia 2022 Qatar adalah petama kalinya dalam sejarah digelar pada musim dingin.

Umumnya pertandingan Piala Dunia  dilaksanakan sekitar bulan Juni, atau saat kompetisi klub-klub sudah berakhir. Saat itu, merupakan musim panas di Eropa atau negara-negara subtopis di belahan utara.

Namun, karena mempertimbangkan faktor kondisi iklim Qatar, tradisi piala dunia yang biasanya dilaksanakan setiap bulan Juni tersebut menjadi bergeser pada akhir 2022.

Di sisi lain, Piala Dunia 2022 menjadi catatan bersejarah bagi Asia. Ini untuk pertama kalinya Benua Kuning mengirimkan enam wakil sekaligus ke ajang empat tahunan tersebut. Biasanya, rekor tim Asia terbanyak di Piala Dunia hanya lima tim pada 2018.

Sementara itu, Piala Dunia 2022 akan menjadi spesial bagi Kanada. Pasalnya, ini adalah pencapaian luar biasa untuk mereka.

Sudah lama Kanada tidak tampil di Piala Dunia. Terakhir kali The Canucks mentas di ajang mpat tahunan ini adalah pada edisi 1986 atau 36 tahun silam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

6 Tim Asia di Piala Dunia 2022

Adapun enam tim Asia di Piala Dunia 2022 nanti yakni Qatar, Jepang, Iran, Korea Selatan, Arab Saudi dan Australia.

Qatar menjadi yang pertama lolos karena mereka berstatus sebagai tuan rumah. Kemudian disusul Iran yang lolos melalui jalur kualifikasi, yakni pada 27 Januari 2022. Bagi Iran, ini adalah kali ketiga beruntun mereka lolos ke Piala Dunia dari total enam kali.

Iran memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 setelah menang 1-0 atas Irak. Bermain di Stadion Azadi Teheran, Iran menang lewat gol yang dicetak Medhi Taremi. Pemain FC Porto itu mencetak gol pada menit ke-48.

Di akhir kualifikasi, Iran mengemas 25 poin dari 10 pertandingan. Tim besutan Dragan Skocic tersebut unggul dua poin atas Korea Selatan.

3 dari 6 halaman

Korea Fantastis

Setelah Qatar dan Iran, Korea Selatan menjadi tim ketiga yang lolos ke Piala Dunia pada 1 Februari 2022 setelah menjadi runner-up Grup A babak ketiga. Korsel lolos ke Piala Dunia untuk kali ke-11 dan menjadi tim Asia yang paling sering mentas di ajang ini.

Tim berjuluk Taegeuk Warriors itu membuat penampilan debut mereka di Piala Dunia 1954. Setelah itu Korea Selatan muncul secara berurutan di setiap edisi sejak 1986.

Penampilan terbaik Korea Selatan adalah di peringkat keempat pada edisi Piala Dunia 2022. Kebetulan saat itu, Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama Jepang.

Korea Selatan juga mencatatkan diri sebagai tim pertama di luar Eropa dan Amerika yang lolos ke babak semifinal.

Setelah Korea lolos ke Piala Dunia 2022, Timnas Jepang kemudian memastikan diri pada 24 Maret 2022 dan lolos untuk kali ketujuh ke Piala Dunia. Tim Samurai Biru selalu bermain di Piala Dunia sejak 1998.

Setelah itu baru Arab Saudi yang lolos bersamaan di hari yang sama dengan Jepang. Arab Saudi untuk kali keenam akan bermain di Piala Dunia.

4 dari 6 halaman

Daftar Tim

Daftar 32 Tim yang Lolos ke Piala Dunia 2022

Tuan rumah: Qatar

Wakil Eropa (13): Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Kroasia, Spanyol, Serbia, Inggris, Swiss, Belanda, Portugal, Polandia, Wales.

Amerika Selatan (5): Brasil, Argentina, Ekuador, Uruguay.

Amerika Utara (4): Kanada, Meksiko, Amerika Serikat, Kosta Rika.

Afrika (5): Ghana, Senegal, Tunisia, Maroko, Kamerun.

Asia (5): Iran, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Australia.

5 dari 6 halaman

Pembagian Grup A-D

Grup A:

Qatar

Belanda

Senegal

Ekuador

Grup B:

Inggris

Amerika Serikat

Iran

Wales

Grup C:

Argentina

Mexico

Polandia

Arab Saudi

Grup D:

Prancis

Denmark

Tunisia

Australia

6 dari 6 halaman

Grup E-H

Grup E:

Spanyol

Jerman

Jepang

Kosta Rika

Grup F:

Belgium

Kroasia

Maroko

Kanada

Grup G:

Brasil

Swiss

Serbia

Kamerun

Grup H:

Portugal

Uruguay

Korea Selatan

Ghana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.