Sukses

Hasil UEFA Nations League: Swiss Bikin Kejutan, Spanyol Salip Portugal

Swiss masih tetap di dasar klasemen sementara Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23, sedangkan Portugal disalip Spanyol.

Liputan6.com, Jakarta Kejutan terjadi pada laga matchday 4 Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23, Senin dini hari WIB (13/6/2022). Portugal harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari Swiss.

Gol tunggal Swiss dicetak Haris Seferovic saat pertandingan belum genap berjalan semenit. Swiss membuat kejutan ketika pemain Portugal belum siap.

Kemenangan ini menandai tiga poin perdana Swiss di kompetisi ini. Namun, hasil ini tidak mengubah posisi Swiss di dasar klasemen sementara Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23. Portugal, di sisi lain, harus rela disalip Timnas Spanyol di puncak klasemen sementara.

Spanyol pada laga lain sukses meraih poin penuh setelah berhasil mengalahkan Republik Ceko di La Rosaleda pada matchday 4 UEFA Nations League di Liga A Grup A2.

Pada laga itu La Furia Roja menang 2-0. Dua gol Spanyol pada pertandingan ini dicetak oleh Carlos Soler dan Pablo Sarabia.

Dengan hasil ini maka Spanyol berhak menduduki peringkat satu pada klasemen sementara Grup A2 dengan delapan poin. Sementara Ceko berada di posisi ketiga dengan koleksi empat poin

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gol Cepat

Sementara itu, bermain di Stade de Geneve, Portugal tampil lebih dominan, tapi Swiss main lebih efektif. Serangan-serangan Portugal tidak bisa dituntaskan dengan baik.

Namun, pertandingan baru dimulai Swiss langsung membuat kejutan. Lewat serangan cepat Swiss dari sisi kanan, umpan silang Widmer disambut Seferovic di kotak penalti, dan gol.

Intensitas tinggi di awal babak pertama terus bertahan hingga pertengahan. Portugal mulai lepas dari tekanan dan balas menyerang, tapi tidak ada gol balasan hingga 45 menit pertama berakhir.

3 dari 4 halaman

Dominan

Babak kedua, Portugal mencoba langsung menggebrak. Silva mendapat peluang menit ke-50, tapi tembakannya memaksa Omlin membuat penyelamatan gemilang.

Portugal sangat dominan di babak ini. Tapi, hingga menit ke-80, serangan-serangan Portugal mudah dihentikan.

Memasuki menit-menit akhir, Portugal mencoba meningkatkan tempo, tapi Swiss bisa bertahan dengan baik. Tidak ada gol tambahan hingga wasit meniup peluit panjang.

4 dari 4 halaman

Kuasai Pertandingan

Pada laga lain, selama 90 menit Spanyol bisa dibilang tampil dominan menguasai pertandingan. Tetapi mereka kurang bisa menciptakan peluang-peluang berbahaya.

Berdasarkan statistik jalannya pertandingan Spanyol unggul telak dalam penguasaan bola dengan peresentase mencapai 76 berbanding 24 persen.

Kemudian tim besutan Luis Enrique itu juga mencatatkan empat tembakan ke arah gawang dari total sembilan lesatan. Sedangkan Ceko melepaskan dua dari total tujuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.