Sukses

SEA Games 2021: Atasi Kamboja, Indonesia ke Semifinal Beregu Putra Bulu Tangkis

Liputan6.com, Bac Giang - Indonesia bermain ngotot di perempat final cabang bulu tangkis beregu putra SEA Games 2021 Vietnam. Tampil dengan kekuatan terbaik, tanpa ampun skuad Merah Putih mengalahkan Kamboja dengan skor telak 3-0 di Bac Giang Gymnasium, Senin (16/5/2022).

Kemenangan Indonesia dibuka kapten tim Chico Aura Dwi Wardoyo. Turun sebagai tunggal pertama, Chicomengalahkan Vath Vannthoun 21-6 dan 21-9.

"Alhamdulillah hari ini bisa menang. Pertandingan pertama sangat penting buat saya maupun tim," kata Chico, dikutip dari rilis PP PBSI. "Hari ini lebih coba menyesuaikan lagi kondisi lapangan. Angin, lampu, dan lain-lain. Memang tidak terlalu berbeda dengan kemarin, hanya sedikit-sedikit saja anginnya agak beda."

"Besok kalau diturunkan lagi, saya mau lebih siap stamina, fokus, dan mentalnya karena pasti lawan lebih tangguh," ucap Chico menambahkan.

Di laga kedua perempat final SEA Games 2021 Vietnam, ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga tidak menemui hambatan berarti. Mereka menang 21-7 dan 21-14 atas pasangan Kamboja Heng Mengleap/Yam Samnang.

"Kami bermain sudah enak hari ini. Hanya tadi lapangannya bising oleh pendukung tuan rumah. Itu cukup mengganggu fokus," ucap Pramudya.

"Di gim pertama kami memang coba main bertahan dulu. Ngenakin defense. Di gim kedua baru kami coba buat lebih menyerang," sambung Yeremia.

Selain bisingnya penonton, Pramudya/Yeremia juga mengaku terganggu dengan servis lawan yang mengagetkan. "Mereka selalu menggunakan flick service dan agak tinggi. Bikin kaget apalagi pas awal-awal gim, cukup menganggu. Tapi, beruntung kami bisa mengatasinya," ujar Pramudya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lawan Thailand

Kemenangan Indonesia atas Kamboja dipastikan Christian Adinata. Turun sebagai tunggal kedua, Christian menang mudah atas Sok Rikreay dengan skor 21-7 dan 21-6.

"Puji Tuhan bisa bermain dengan lancar tanpa cedera dan memastikan Indonesia ke semifinal," kata Christian."Karena hari ini pertandingan pertama, saya mencoba lebih banyak variasi pukulan dan pola. Juga menyerap atmosfer di lapangan. Tadi juga saya sudah mengeluarkan semua yang dilatih," lanjutnya.

Di semi final, Indonesia akan menghadapi Thailand. Christian mengatakan siap bila kembali dipercaya untuk turun berlaga.

"Saya siap bila kembali diturunkan. Lawan Thailand pasti lebih tangguh dan tidak mudah," ujarnya. "Saya mau diskusi dengan pelatih dulu tentang strategi dan menonton video pertandingan calon-calon lawan," kata Christian lagi.

 

3 dari 4 halaman

Puas

Manajer tim Indonesia Eddy Prayitno puas dengan penampilan tim beregu putra di perempat final. Ia memang memprediksi skuat Garuda akan menang 3-0 atas Kamboja.

"Saya puas melihat penampilan anak-anak di laga tadi. Semua tampil maksimal dan tanpa beban," ujar Eddy."Kemenangan ini sesuai prediksi kami karena memang di dalam data, Kamboja masih satu level di bawah tim Indonesia."

Eddy pun berpesan kepada tim untuk segera fokus melawan Thailand. Dikatakannya Thailand berstrategi hari ini dengan menyimpan salah satu andalannya, Sitthikom Thammasin, di perempat final melawan Filipina.

"Besok tim putra akan bertemu Thailand. Tidak mudah jadi saya berharap mereka bisa lebih fokus, lebih semangat dan waspada. Siapapun yang diturunkan, harus menunjukkan yang terbaik," tutur Eddy.

"Thailand hari ini menyimpan Sitthikom (Thammasin). Besok kemungkinan besar baru akan turun melawan kita. Tunggal kedua yang diturunkan nanti mesti ektra waspada karena tenaganya masih fresh," pesan Eddy.

Semifinal nomor beregu SEA Games Vietnam 2021 akan dimainkan Selasa (16/5). Selain beregu putra yang akan bertanding mulai pukul 15.00 WIB, beregu putri juga akan bertanding melawan tuan rumah Vietnam mulai pukul 09.00 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Hasil pertandingan

Indonesia vs Kamboja

Tunggal putra 1

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Vath Vannthoun 21-6, 21-9

Ganda putra 1

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs Heng Mengleap/Yam Samnang 21-7, 21-14

Tunggal putra 2

Christian Adinata vs Sok Rikreay 21-7, 21-6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.