Sukses

Frenkie de Jong 95 Persen Milik MU

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) dikabarkan segera mendapatkan jasa Frenkie de Jong. Gelandang asal Belanda itu direkrut dari Barcelona.

Adalah jurnalis Gerard Romero yang memberitakan kabar ini. "Sebelum akhir liga dan dengan kemungkinan 95 persen, Frenkie de Jong akan ditransfer ke MU. Ini adalah murni masalah ekonomi. Barca perlu menjual pemain," tulis Romero di akun Twitter miliknya.

De Jong sebenarnya pemain krusial bagi Barcelona. Sejak bergabung pada musim panas 2019, dia selalu jadi pilihan utama di lini tenga terlepas dari siapa pun pelatih yang bertugas.

Di sisi lain, De Jong juga bahagia di Camp Nou. Sosok berusia 25 tahun ini bahkan berencana meneken kontrak baru berdurasi panjang.

Masalahnya, manajemen berpandangan lain. Barcelona melihat sekarang merupakan momen terbaik untuk melepas De Jong selagi harganya masih tinggi.

"Operasi akan ditutup antara 70 dan 80 juta euro. Situasinya masih bisa berubah. Klub melihat bahwa jika dia bertahan untuk satu musim lagi dan tidak meledak, dia akan kehilangan nilai jual dan Barcelona kehilangan uang," klaim Romero.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Keunggulan MU

Sebenarnya ada banyak klub tertarik menggunakan jasa De Jong. Tiga musimnya bersama Barcelona berjalan dengan baik. Dia juga bermain secara reguler di Timnas Belanda. De Jong adalah properti panas di bursa transfer.

Bayern Munchen dan Manchester City juga punya minat. Kedua tim sangat kuat secara finansial. Tapi, ada satu faktor yang membuat De Jong lebih condong pindah ke MU.

Di Old Trafford, De Jong akan berjumpa dengan mantan pelatihnya Erik ten Hag. Mereka punya memori yang bagus ketika masih di Ajax Amsterdam. De Jong berkembang pesat ketika berada di bawah kendali Ten Hag dan ini adalah faktor krusial.

Selain De Jong, Ten Hag akan melakuan perombakan skuad pada bursa transfer musim panas 2022. Karena perlu banyak pemain baru, Ten Hag dan MU akan menyiasatinya dengan merekrut pemain gratisan.

Revolusi total perlu dilakukan Ten Hag di MU karena buruknya prestasi di musim 2021/2022. Setan Merah sudah dipastikan tak kebagian satu gelar juara pun.

Yang lebih parah, MU tak mampu meraih tiket ke Liga Champions musim depan. Sekadar tiket Liga Europa saja MU juga masih harus memperjuangnya dari kejaran West Ham United di sisa Liga Inggris musim ini.

3 dari 3 halaman

Buru Pemain Gratisan

 

MU sebenarnya punya anggaran belanja pemain berlimpah. Setan Merah siap membekali Ten Hag uang belanja mencapai 100 juta poundsterling. Angka ini bisa bertambah dari penjualan pemain tak berguna.

Namun karena perlu banyak pemain baru, Ten Hag harus pintar-pintar mengatur pengeluaran klub di jendela transfer musim panas 2022. The Sun melaporkan Ten Hag siap memanfaatkan pemain gratisan untuk memperkuat skuad Manchester United musim depan.

Ada tiga pemain gratis top yang siap ditampung Ten Hag. Incaran pertama adalah winger Barcelona Ousmane Dembele yang kemungkinan tidak akan memperpanjang kontrak di Barcelona.

Dembele diincar MU untuk menjadi pengganti Mason Greenwood. Pemuda Inggris ini sedang tersangkut masalah hukum sehingga masih akan absen di musim depan.

MU juga mengincar penyerang Juventus Paulo Dybala. Pria Argentina itu sudah dipastikan cabut dari Turin. Juventus telah mengumumkan tidak memperpanjang kontraknya yang habis Juni nanti.

Pemain gratisan ketiga yang dibidik MU adalah bek Boubacar Kamara dari Olympique Marseille. Kamara akan sangat berguna bagi MU karena bisa bermain di berbagai posisi di sektor pertahanan.

MU sendiri juga terancam kehilangan banyak pemain dengan gratis akibat kontrak habis di Juni 2022. Edinson Cavani, Nemanja Matic, Juan Mata, Paul Pogba dan Jesse Lingard bakal meninggalkan MU karena belum memperpanjang kontrak hingga saat ini.

MU juga kabarnya akan menjual pemain tak berguna seperti Eric Bailly, Alex Telles, Phil Jones, Marcus Rashford dan Anthony Martial.