Sukses

Manchester United Dibantai Brighton, Cristiano Ronaldo Kehilangan Rp 1,7 Miliar

Liputan6.com, Manchester - Cristiano Ronaldo mengalami masa yang sulit setelah memutuskan kembali ke Manchester United dari Juventus pada musim panas 2021. Ada eksepektasi tinggi dengan bergabungnya bintang asal Portugal itu.

Meski Ronaldo telah mencetak 18 gol dalam 30 pertandingan di Liga Inggris, MU mengalami musim terburuk dalam 144 tahun sejarah mereka. Bahkan, mencapai titik terendah setelah kalah 0-4 dari Brighton and Hove Albion pada Sabtu (7/5/2022) lalu.

Padahal, Brighton tak pernah memenangkan pertandingan kandang sejak 26 Desember 2021. Hasil tersebut membuat Setan Merah gagal bermain di Liga Champions musim depan. Setan Merah hanya bisa lolos ke Liga Europa atau Europa Conference League.

Ketika klub memenuhi syarat ke Liga Champions, uang partisipasi dikembalikan ke pemain. Namun, mengingat juara Liga Inggris 20 kali itu tidak bermain di kompetisi klub elit Eropa, maka pengurangan gaji bakal segera dilakukan.

Menurut Express, pengurangan gaji dapat mencapai sekitar 25%. Ronaldo saat ini berpenghasilan tertinggi di Old Trafford, yakni 385.000 pound per minggu.

Dengan pemotongan gaji, berarti pemenang Ballon d'Or lima kali tersebut akan mendapat 288.000 pound per minggu. Ini menjadi kontrak terendah sejak Ronaldo bergabung dengan Real Madrid pada 2009 silam karena dia akan kehilangan 95.000 pound atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Simak klasemen Liga Inggris di halaman berikutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Siap bertahan

Cristiano Ronaldo terlihat tertawa terbahak-bahak saat Manchester United kalah 0-4 dari Brighton and Hove Albion setelah gol ketiga masuk. Bintang Portugal itu menjadi sosok yang frustasi saat Setan Merah sekali lagi mempermalukan diri mereka sendiri musim ini.

Meski demikian, Ronaldo tampaknya ingin membantu MU bangkit kembali musim depan. Menurut seorang sumber kepada Mirror, pesepak bola berusia 37 tahun itu akan tetap di Old Trafford jika manajer permanen baru Erik ten Hag menginginkannya bertahan.

"Ronaldo memberi tahu para pemain bahwa dia tak akan pergi ke mana pun kecuali klub mengatakan mereka tidak menginginkannya," kata sumber itu.

"Tidak ada yang lebih kecewa darinya tentang bagaimana musim berjalan. Tetapi, dia tidak ingin pergi dengan rendah hati dan ingin membantu membawa klub kembali ke Liga Champions dan mencoba dan memenangkan trofi tahun depan."

Ronaldo telah membuktikan berkali-kali musim ini bahwa dia masih bisa memberi dampak besar meski timnya sedang mengalami kesulitan.

 

3 dari 4 halaman

Absen di Liga Champions?

Jika Cristiano Ronaldo benar-benar bertahan di Manchester United musim 2022/2022, berarti kehilangan Liga Champions. Ini akan menjadi pertama kalinya bintang asal Portugal itu absen di kompetisi elit Eropa dalam 20 tahun.

Padahal, Ronaldo adalah pemain terbaik dan paling konsisten di Liga Champions. Dia tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di kompetisi itu.

Total, Ronaldo sudah mencetak 139 gol, temasuk 21 gol bersama Setan Merah. Tidak hanya itu, dia juga sudah lima kali memenangkan trofi Si Kuping Besar.

Ronaldo pertama kali memenangkan trofi Liga Champions dengan MU pada 2008. Kemudian trofi kedua diraih bersama Real Madrid pada 2014.

Setelah itu, Ronaldo kembali mengangkat trofi tersebut tiga kali secara beruntun pada 2016, 2017, serta 2018. Ketiganya dicapai juga bersama Real Madrid.

4 dari 4 halaman

Peringkat