Sukses

Catatan Denmark di Semifinal Piala Eropa, Siap Jegal Inggris di Euro 2020 / 2021

Denmark masuk semifinal Piala Eropa untuk kali keempat sepanjang sejarah. Seperti apa performa mereka sebelumnya di fase ini?

Liputan6.com, London - Denmark menghadapi Inggris pada semifinal Euro 2020. Pertandingan berlangsung di Wembley, Rabu (7/7/2021) atau Kamis dini hari WIB.

Tim Dinamit mencapai putaran empat besar dengan dramatis. Ketakutan besar meliputi penampilan perdana mereka ketika gelandang Christian Eriksen kolaps di tengah laga melawan Finlandia.

Mereka juga hampir tersingkir di fase grup karena menderita kekalahan dari Finlandia dan Belgia pada dua laga awal.

Namun setelah itu Denmark meledak. Mereka berturut-turut menghajar Rusia, Wales, dan Republik Ceko.

Performa tersebut membawa mereka ke semifinal Piala Eropa untuk kali keempat sepanjang sejarah. Seperti apa performa Denmark sebelumnya di fase ini?

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1964

Penampilan perdana Denmark di turnamen internasional berbuah kejutan. Meski, harus diakui undian menguntungkan mereka. Malta, Albania, dan Luksemburg adalah lawan yang mereka singkirkan untuk mencapai semifinal.

Baru di sini Denmark bertemu lawan tangguh, tidak tanggung-tanggung juara bertahan Uni Soviet. Mereka menyerah 0-3.

3 dari 5 halaman

1984

Denmark mendapat julukan Tim Dinamit setelah penampilan impresif mulai 1980-an, diawali Euro 1984.

Menemani tuan rumah Prancis lolos ke babak gugur, mereka sukses mengimbangi Spanyol 1-1 selama 120 menit. Sayang Denmark kurang beruntung di adu penalti dan tumbang 4-5.

 

4 dari 5 halaman

1992

Tim Dinamit meledak sepenuhnya pada 1992. Sebenarnya mereka tidak lolos. Denmark baru berpartisipasi sebagai pengganti Yugoslavia yang terkena sanksi internasional.

Nyatanya mereka sukses menyingkirkan Inggris dan Prancis di fase grup. Denmark lalu menyingkirkan juara bertahan Belanda 5-4 (2-2) lewat adu penalti.

Peter Schmeichel dan kawan-kawan lalu menaklukkan juara dunia Jerman 2-0 pada partai puncak.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.