Sukses

Euro 2020 : Dihajar Jerman, Portugal Bikin 2 Catatan Buruk

Liputan6.com, Munchen - Portugal harus mengakui keunggulan Jerman pada laga kedua Grup F Euro 2020. Sempat unggul terlebih dahulu, pasukan Fernando Santos kalah 2-4.

Bermain di Allianz Arena, Munchen, Sabtu (19/6/2021) malam WIB, Cristiano Ronaldo mencetak gol pertama juara Piala Eropa 2016 itu pada menit ke-15. Lewat serangan balik, bintang Portugal itu menuntaskan umpan Diogo Jota.

Namun, Jerman kemudian membalas dan berbalik unggul 2-1. Keunggulan tim Panser berkat dua gol bunuh diri Ruben Dias dan Raphael Guerreiro masing-masing di menit ke-35 serta 39.

Di babak kedua, Jerman menambah dua gol lagi lewat Kai Havertz dan Robin Gosens. Portugal hanya bisa membawa lewat gol Diogo Jota dan laga berakhir 4-2 untuk kemenangan Jerman.

Kekalahan dari Jerman di Euro 2020 membuat Portugal mencatat rekor kurang menyenangkan.

 

2 dari 6 halaman

Memalukan

Seperti dikutip dari Ace Football, setidaknya Portugal mengukir dua catatan buruk usai dikalahkan Jerman. Pertama, kebobolan empat gol merupakan kali pertama diderita Portugal di Piala Eropa.

Selain itu, belum pernah ada juara bertahan yang kemasukkan empat gol dalam satu pertandingan sepanjang sejarah kompetisi. Portugal, yang merupakan juara Euro 2016, menjadi tim pertama.

 

 

3 dari 6 halaman

Lini belakang

Meski Portugal kalah dari Jerman, Ronaldo meninggalkan kesan positif. Dia mencetak satu gol dan assist pada laga ini. Dengan demikian, pemenang Ballon d'Or lima kali itu sudah mengemas tiga gol sejauh ini.

Namun, Ronaldo dikecewakan dengan penampilan para bek Portugal. Lini belekang Selecao terlalu mudah ditembuh Jerman sehingga kemasukkan empat gol, dua di antaranya gol bunuh diri.

4 dari 6 halaman

Lawan Prancis

Portugal akan menghadapi Prancis pada laga terakhir Grup F Euro 2020. Jika kalah dari juara Piala Dunia 2018 itu, Portugal terancam tidak lolos ke babak 16 besar.

5 dari 6 halaman

Infografis

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Euro 2020 di Bawah Ini