Sukses

Hasil Euro 2020 / 2021 : 2 Gol Bunuh Diri Bantu Jerman Sikat Portugal

Liputan6.com, Jakarta- Jerman bangkit dari keterpurukan di Euro 2020 / 2021. Pada laga kedua di Grup F, Jerman memetik kemenangan perdana dengan menghajar Portugal 4-2 berkat dua gol bunuh diri.

Bertanding di Allianz Arena, Minggu (20/6/2021) dinihari WIB, Jerman dituntut menang usai kalah dari Prancis 0-1 di laga pertama. Portugal sendiri sudah menang sekali setelah menghajar Hongaria 3-0 di laga pertama.

Butuh kemenangan, Jerman langsung menekan Portugal. Der Panzer sempat mencetak gol di menit kelima melalui tendangan voli Robin Gosens.

Namun gol ini dianulir VAR karena pada proses penyerangan Thomas Muller sempat menyentuh bola dengan tangan.

Jerman hampir unggul di menit 10. Tembakan jarak jauh Kai Havertz masih bisa digagalkan Rui Patricio. Bola rebound coba disambar Serge Gnabry, namun Patrico dengan cepat menutup ruang tembak Gnabry.

Asyik menyerang, Jerman malah kebobolan di menit 15. Serangan balik cepat Portugal yang digalang Bernardo Silva mampu dikonversi menjadi gol oleh Cristiano Ronaldo.

Silva melepas umpan jauh ke Diogo Jota, yang kemudian meneruskannya ke Ronaldo yang berdiri bebas. Ronaldo dengan mudah menceploskan bola ke gawang kosong.

Jerman baru bisa membalas gol Ronaldo ini pada menit 35 lewat gol bunuh diri Ruben Dias. Pemain Manchester City ini tak sengaja membelokkan sepakan Gosens setelah dibayangi Havertz di mulut gawang Portugal.

Empat menit kemudian, Jerman berbalik unggul. Lagi-lagi berkat gol bunuh diri. Kali ini Raphael Guerriero yang mencetak gol bunuh diri.

Umpan Thomas Muller yang gagal disambar dengan sempurna oleh Havertz jatuh ke kaki Joshua Kimmich. Pemain Bayern Munchen itu mencoba mengirimkan bola ke mulut gawang. Si kulit bundar mengenai kaki Guerreiro dan masuk ke gawang sendiri.

Jerman hampir menambah gol beberapa detik sebelum jeda. Kesalahan Bernardo Silva membuat Serge Gnabry lolos ke pertahanan Portugal. Gnabry melakukan solo-run yang diakhiri tembakan kaki kanan. Namun Patricio sukses menepisnya.

 

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Unggul 2-1, Jerman makin percaya diri memulai babak kedua. Pemain Jerman akhirnya bisa membuat gol pertama di laga ini melalui Havertz.

Lewat permainan tiki-taka cantik, Gosens mengirim umpan silang yang memudahkan Havertz menceploskan bola ke gawang Portugal.

Jerman makin menjauh saat laga berjalan satu jam. Gosens ikut mencatatkan namanya di papan skor. Pemain Atalanta itu menanduk umpan silang Kimmich.

Portugal memperkecil ketertinggalan di menit 67. Berawal dari tendangan bebas Bruno Fernandes, bola diteruskan Ronaldo ke mulut gawang. Diogo Jota langsung menyambarnya. Portugal 2, Jerman 4.

Di menit 79, Portugal hampir semakin memperkecil ketertinggalan bila tendangan jarak jauh pemain pengganti Renato Sanches tidak membentur tiang gawang. Tak ada gol lagi yang tercipta hingga peluit panjang ditiup wasit.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Portugal: Rui Patricio; Raphael Guerreiro, Ruben Dias, Pepe, Nelson Semedo; William Carvalho, Danilo Pereira (Rafa Silva 58'); Bernardo Silva (Renato Sanches 46'), Bruno Fernandes (Joao Moutinho 64'), Diogo Jota (Andre Silva 83'); Cristiano Ronaldo.

Jerman: Manuel Neuer; Antonio Rudiger, Mats Hummels (Emre Can 62'), Matthias Ginter; Robin Gosens (Marcel Halstenberg 62'), Toni Kroos, Ilkay Gundogan (Niklas Sule 73'), Joshua Kimmich; Kai Havertz (Leon Goretzka 73'), Thomas Muller; Serge Gnabry (Leroy Sane 87').

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Ini