Sukses

Aksi Cepat Kapten Denmark Selamatkan Christian Eriksen saat Pingsan di Euro 2020 / 2021

Liputan6.com, Jakarta Christian Eriksen menjadi sorotan saat tiba-tiba kolaps atau pingsan di pertengahan pertandingan antara Denmark melawan Finlandia pada laga grup B Euro 2020/2021. Eriksen menyundul bola dan tiba-tiba tersungkur dalam posisi tertelungkup.

Sebelum tim medis tiba, kapten Denmark yang juga bek AC Milan, Simon Kjaer yang berjasa jaga masa kritis Eriksen. Dia bertindak cepat untuk menyelamatkan hidup Eriksen.

Berlari dari belakang, dia langsung beraksi. Dia periksa urat nadi Eriksen dan memastikan lidahnya tak menutup pernapasannya.

Seperti dilansir Marca, Simon Kjaer juga mengangkat posisi Eriksen sehingga terangkat ke arah kanan. Ini aksi vital dan penting.

Karena aksi itu, Eriksen tidak menelan lidahnya sendiri. Di periode pingsan seperti itu, lidah menjadi bagian tubuh paling sulit untuk menjaga udara sampai ke paru-paru.

 

2 dari 5 halaman

Aksi Berikutnya

 

Tak sampai situ, Kjaer juga paling cepat untuk mengarahkan tim medis ke lapangan. Dia pun segera menjaga Eriksen dari kerumunan pemain Denmark.

Aksi Kjaer memudahkan kerja tim medis. Saat dibawa keluar, Eriksen tampak sudah sadarkan diri dan dalam kondisi stabil.

Entah berpengaruh atau tidak, pemain Denmark tampak sangat terpukul dengan pingsannnya Eriksen. Denmark pun harus rela kalah 0-1 dari Finlandia saat pertandingan dilanjutkan.

 

3 dari 5 halaman

Sudah Bicara

 

Eriksen langsung dibawa ke rumah sakit untuk distabilkan kondisinya. UEFA pun langsung turun tangan untuk memantau kondisi Eriksen.

Agen Eriksen, Martin Schoots mengaku kondisi Eriksen sudah membaik. "Eriksen sudah bisa bernapas dan bicara. Dia sudah terjaga," kata Schoots.

4 dari 5 halaman

Infografis

5 dari 5 halaman

Video Menarik