Sukses

KONI Ingin Venue-Venue Olahraga Dilengkapi Sanitasi Modern

Model pertama diharapkan bisa diterapkan di wilayah Jabodetabek.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum KONI Pusat, Letnan Jenderal (purn) Marciano Norman berharap sanitasi venue-venue di Indonesia bisa lebih ditingkatkan. Terlebih saat ini, dunia, termsuk Indonesia masih dilanda pandemi virus Corona Covid-19.

Kebersihan menjadi salah satu faktor yang penting dalam menjaga kesehatan atlet. Tentu juga dibarengi penerapan protokol kesehatan ketat.

Harapan ini disampaikan Marciano pada peresmian "Shower Area” berbasis teknologi di rest area km 88 jalan tol Cipularang, Sabtu (9/4). Program tersebut merupakan hasil kerjasama PT Jawara Bersih Nusantara (Jamban) dengan PT Jasamarga Related Business (JMRB).

"Saya rasa jamban ini yang utama diangkat adalah masalah sanitasi. Itu sangat penting nantinya ketika ke depan kita akan bekerjasama dengan jamban di fasilitas-fasilitas olahraga untuk memberikan digital sanitary seperti ini," kata Marciano Norman dalam rekaman suara dan rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (9/4).

"Dengan seperti itu maka kebersihan atlet akan terjaga, kebugarannya akan terjaga, dan Insya Allah ke depan prestasinya juga lebih baik."

Menurut Marciano, kebersihan menjadi salah satu kendala utama bagi kita semua. Karena itu dia sangat mendukung kehadiran program sanitasi modern seperti yang baru diterapkan di Cipularang.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bergerak dari Jabodetabek

Marciano pun berharap bisa menerapkan teknologi yang sama di dunia olahraga Tanah Air. Namun sebagai langkah awal, Marciano ingin teknologi itu hadir di venue-venue olahraga yang ada di Jabodetabek.

"Ini dulu yang akan kita jadikan model sebelum kita ke tempat lain" Marciano menambahkan. "Ke depan tentu kami akan berkoordinasi dengan pemprov DKI Jakarta, KONI Jawa Barat, itu dua tempat yang mungkin bisa kita jadikan modelnya," kata Marciano menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Terintegrasi dengan Aplikasi

Sementara itu, Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso menjelaskan, tempat mandi modern ini terintegrasi dengan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Jawara Bersih Nusantara (Startup Sanitasi dengan brand “Jamban.id"). Dengan begitu, Cahyo menjelaskan, bahwa aplikasi Travoy Rilex! dapat mengakomodir kebutuhan pengguna jalan tol untuk menyegarkan tubuh sebelum melanjutkan perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.