Sukses

Rekam Jejak MU di Liga Europa : Cetak Sejarah hingga Tanpa Gelar

MU bertanding di babak 32 besar Liga Europa setelah tersingkir dari Liga Champions. Mereka mencapai semifinal musim lalu tetapi kalah dari Sevilla

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU mendapat lawan berat di babak 32 besar Liga Europa menyusul hasil undian di markas UEFA, Senin malam kemarin (14/12/2020). Tim Setan Merah akan menghadapi klub Liga Spanyol Real Sociedad

MU merupakan salah satu dari delapan nama yang tampil setelah tersisih di Liga Champions. Berstatus unggulan, pasukan Ole Gunnar Solskjaer mendapat skenario terburuk dengan menghadapi salah satu lawan berat di pon non unggulan.

Klub asal Basque tersebut sempat menguasai puncak klasemen Liga Spanyol. Itu berarti pula MU akan bertemu kembali dengan mantan pemain ajaib Adnan Januzaj dan pemain hebat Manchester City David Silva. Mereka baru melawan Sociedad dua kali sebelumnya - di penyisihan grup Liga Champions 2013-14.

MU diunggulkan untuk pengundian karena mereka adalah salah satu dari empat tim dengan penghitungan poin tertinggi di grup Liga Champions.

Sekadar catatan, MU akan memulai Liga Europa kelima mereka dalam 10 musim terakhir, setelah sebelumnya diturunkan ke babak sistem gugur kompetisi pada 2012 dan 2016.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menangkan Trofi

Mereka maju ke 16 besar di bawah Sir Alex Ferguson pada 2012 tetapi secara komprehensif dikalahkan oleh Athletic Bilbao. Kemudian kalah agregat 1-3 pada tahap yang sama dari Liverpool dengan Louis van Gaal sebagai manajer pada 2016.

Jose Mourinho membimbing United meraih satu-satunya kemenangan Liga Europa - dulu Piala UEFA - mereka pada tahun 2017 saat klub memenangkan trofi mayor terakhir yang tersisa dengan kemenangan 2-0 atas Ajax di final Stockholm.

Dengan keberhasilan itu, Man United pun menyamai jejak Juventus, Ajax, Bayern Muenchen, dan Chelsea yang sanggup menyapu bersih seluruh kejuaraan antarklub Eropa.

3 dari 6 halaman

Kalah

MU mencapai semifinal Liga Europa musim lalu tetapi kalah 1 - 2 dari juara bertahan Sevilla dalam pertandingan knockout langsung di Cologne.

Kekalahan Manchester United saat itu membuat mereka harus puas mengakhiri musim 2019/20 tanpa meraih trofi sama sekali. Sebelumnya, mereka juga gagal di kompetisi lokal.

Kegagalan meraih trofi musim ini membuat mereka tercatat sudah tiga musim terakhir selalu nirgelar alias tak meraih trofi sama sekali.Ini merupakan yang terburuk bagi MU sejak 31 tahun lalu

4 dari 6 halaman

Jadwal

Leg pertama Liga Europa akan dimainkan pada 18 Februari dan leg kedua pada 25 Februari. Final musim ini akan dimainkan di Gdansk, Polandia.

Negara ini sebenarnya menjadi tuan rumah final musim lalu sampai pandemi virus corona memaksa UEFA untuk pindah ke Jerman pada tahap terakhir.

5 dari 6 halaman

Hasil Undian

Wolfsberger vs Tottenham Hotspur

Dynamo Kiev vs Club Brugge

Real Sociedad vs Manchester United

Benfica vs Arsenal

Red Star Belgrade vs AC Milan

Royal Antwerp vs Glasgow Rangers

Slavia Praha vs Leicester City

FC Salzburg vs Villarreal

6 dari 6 halaman

Berikutnya

SC Braga vs AS Roma

Krasnoda vs Dinamo Zagreb

Young Boys vs Bayer Leverkusen

Molde vs Hoffenheim

Granada vs Napoli

Maccabi Tel Aviv vs Shakhtar Donetsk

Lille vs Ajax Amsterdam

Olympiakos vs PSV Eindhoven

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions
    Liga Europa adalah ajang kompetisi bergengsi kedua di daratan Eropa setelah Liga Champions

    Liga Europa

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Sir Alex Ferguson